PKL UMB Bantu IT Sekolah Dasar

Featured Pendidikan Sosial & Budaya

RBO, BENGKULU –  Fakultas Tehnik Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) dalam menerapkan pengetahuannya akan diterjunkan ke masyarakat dengan Praktik  Kerja Lapangan ke seluruh Sekolah Dasar di Kota Bengkulu. Mereka  dilepas langsung secara resmi oleh Rektor UMB, Dr. Sakroni, M.Pd  di Mesjid Al-Farabi Kampus 1 UMB Bengkulu bersama Dekan Fakultas Tehnik, Dr. Onsardi, M.M kemarin.

      Ratusan  mahasiswa itu diberi wejangan maupun arahan. Setelah mereka  berada di Sekolah Dasar (SD) itu nantinya diharapkannnya dapat menjawab semua permasalahan yang ada mengenai Informatika dan Komunikasi (IT).    Selain itu Rektor UMB menyampaikan bahwa setiap mahasiswa harus menjadi harapan dari setiap sekolah/ penempatanannya,  sehingga nantinya dapat menjadi mitra bagi sekolah dalam membutuhkan IT dimasa mendatang.

      “Fakultas Tehnik UMB sudah kami rancang memiliki sejumlah keterampilan yang benar-benar mereka terampil. Dengan harapan kedepan  UMB dapat menjawab kebutuhan yang ada di masyarakat. Setiap Prodi yang ada menyiapkan dosen dan memberikan pelatihan-pelatihan sesuai dengan keterampilan yang dibutuhan,” ujar dia.

5 Keterampilan alternative yang harus dikuasai mahasiswa Fakultas Tehnik yakni Tehnik Informatika, yakni Animasi, Jaringan dan  Pemograman, sedangkan Sistem informasi  ada 2 alternatif. Yakni Web desain dan Data base. Kelima keterampilan alternatif ini yang harus dikuasai oleh lulusan dan baru bisa dikatakan dirinya   memiliki keterampilan khusus.

Terpilihnya Sekolah dasar sebagai tujuan dalam menerapkan skil yang dimiliki mahasiswa Tehnik UMB karena pilihan strategis karena secara dini permasalahan di sekolah dasar dan membudayakan serta memasyarakatkan sejak dini, sehingga berharap generasi milenial penuh dengan kemampuan IT. Setelah itu baru kita merambah ke tingkat SMP dan seterusnya. Harapan kedepan kepada mahasiswa dapat membawa diri dan menjaga nama baik almamater di penempatannya dan menjadi suatu kebutuhan bagi pihak SD nya untuk menjawab kebutuhan IT.

      Selain itu mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan interpreneurshipnya, sehingga kedepan menjadi alternatif pekerjaan selain menjadi PNS atau pekerja swasta, “beber Rektor. (Ae-4)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *