TKD dan BPP Mulai Persiapkan Saksi Pilpres

Ekonomi & Bisnis Featured Hukum & Kriminal Pemda Provinsi Politik Sosial & Budaya

RBO, BENGKULU – Ketua Badan Pemenangan Provinsi (BPP) parpol koalisi Capres dan Cawapres nomor 02, Prabowo-Sandi, Susi Marleny Bachsin SE, MM mengaku, untuk saksi-saksi sedang dipersiapkan, tidak saja berasal dari parpol pengusung, juga para relawan.

“Saksi masih kita persiapkan, karena setiap TPS dipastikan ada saksi Prabowo-Sandi di wilayah Provinsi Bengkulu,” kata dia.

Sementara itu dari tim pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor 01 Joko Widodo-Ma’aruf Amin pada Pemilu serentak tahun 2019, sebanyak 9 parpol koalisi tengah menyiapkan saksi yang akan ditempatkan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di wilayah Kabupaten dan Kota dalam Provinsi Bengkulu.

“Sekarang sembilan parpol pengusung tengah menyerahkan daftar para saksi yang akan ditempatkan di setiap TPS, tanpa ada satupun TPS tanpa saksi nantinya,” ungkap Bendahara Tim Kemenangan Daerah (TKD) pasangan Capres dan Cawapres Jokowi-Ma’aruf Amin Provinsi Bengkulu, Hj. Elva Hartati Murman S.Ip, MM.

Selain itu dikatakan Elva, untuk pendanaan saksi yang akan ditempatkan di setiap TPS pada tanggal 17 April, masih akan dibahas bersama Tim Kemenangan Nasional (TKN) yang dijadwalkan besok di panggil ke Jakarta.

“Dari pengalaman pelaksanaan Pilpres sebelumnya, dana saksi sepenuhnya ditanggung pusat. Tapi tahun ini masih akan dibahas lebih lanjut,” katanya, kemarin, (5/2).

Lebih jauh ditambahkan, untuk penempatan saksi Capres dan Cawapres dengan parpol pengusung, berbeda-beda. Artinya di setiap TPS nanti, disamping ada saksi Pilpres, juga akan ada saksi dari Pemilu Legislatif (Pileg) dari masing-masing parpol pengusung.

“Tidak ada istilah saksi Capres sama dengan saksi parpol. Jika sama nantinya dikawatirkan hasil perhitungan suara parpol bersama calon legislatif (caleg) tidak terpantau atau bisa saja ditinggalkan oleh saksi. Untuk itu antara saksi Pilpres dan Pileg harus terpisah, agar kerja pengawasan perolehan suara masing-masing bisa lebih fokus,” terangnya.

Sementara secara terpisah, Capres dan Cawapres nomor urut 02 sejauh ini terpantau juga tengah melakukan persiapan saksi Pilpres untuk setiap TPS yang ada dalam wilayah Bengkulu. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *