KPU Bengkulu Sosialisasikan Layanan Pindah Memilih

KPU Bengkulu Sosialisasikan Layanan Pindah Memilih

BERBAGI
IMAM/MG/RBO: Komisioner KPU Kota Bengkulu bersama mahasiswa Unived gelar sosialisasi layanan pindah memilih
RBO, BENGKULU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu mengadakan sosialisasi di Universitas Dehasen Bengkulu kemarin (6/2). Romi Sugara selaku Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kota itu  membuka posko pelayanan pindah memilih bagi mahasiswa.
Jumlah DPT yang terdaftar di Kota Bengkulu saat ini, kata Tomi, ada dua ratus empat puluh delapan ribu, enam ratus dua puluh dua yang telah ditetapkan pada tanggal 7 Desember 2018.
Selain masuk DPT, ada juga yang masuk ke DPTB (daftar pemilih tambahan) dan DPK (daftar pemilih khusus).
Untuk layanan pindah memilih dengan keadaan tertentu bisa dilakukan.
“Pertama, menjalani rawat inap bagi pasien yang sakit. Kemudian menjalankan tugas pemerintahan di tempat lain ketika hari pemungutan suara. Selanjutnya, penyandang disabilitas yang sedang menjalani rawat di panti rehabilitas. Lalu warga binaan yang sedang menjalani masa hukuman atau tahanan di Lapas. Dan sedang menempuh pendidikan atau pelajar,” jelas Romi.
Saat ini sudah ada aplikasi untuk melihat terdaftarnya di DPT, bertajauk Pemilu RI 2019 dengan cara memasukan NIK dan Nama. Jadi tidak perlu lagi pulang ke desa.
Dengan adanya posko pindah memilih di area kampus ini, pihak KPU berharap untuk mahasiswa yang berasal dari luar Kota Bengkulu bisa terakomodir pindah memilih.(M-1)