KPU Targetkan Partisipasi Pemilih 77,5 Persen

Featured Hukum & Kriminal Pemda Provinsi Politik
Irwan Saputra : Kita Lakukasan Sosialisasi Secara Maksimal
RBO, BENGKULU – Dalam Pileg dan Pilpres yang akan dilaksanakan lebih kurang dua bulan lagi, pihak penyelenggara pemilu KPU Provinsi Bengkulu optimis dan yakin jumlah angka partisipasi pemilih di Provinsi Bengkulu akan meningkat dari partisipasi pemilih pemilu sebelumnya.
“Kita menargetkan partisipasi masyarakat selaku pemilih 77,5 persen minimal di Provinsi Bengkulu. Artinya kita menaikkan dari jumlah partisipasi pemilih pemilu sebelumnya,” ungkap Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra S.Ag, MM, kemarin (7/2).
Dijelaskan oleh Ketua KPU Provinsi Bengkulu tersebut, dari tingkat partisipasi pemilih pemilu sebelumnya tahun 2014 ke tahun 2019.
“Kita akan lakukan sosialisasi secara maksimal. Kalau pemilu sebelumnya partisipasi pemilih kita 73 persen, makanya tahun ini kita targetkan lebih dari itu,” jelasnya.
Adapun upaya yang mereka lakukan untuk menaikkan angka partisipasi pemilih dalam pemilu tanggal 17 April tahun 2019, dimana saat ini merupakan tahap masa kampanye, KPU  terus bergerak melakukan sosialisasi. Bahkan mereka pun tidak henti-henti mengajak semua lapisan untuk ikut mensosialisasikan terkait pesta demokrasi yang akan dilakukan.
“Kita sudah memiliki relasi atau relawan demokrasi yang jumlahnya 550 orang se Provinsi Bengkulu. Dimana masing-masing daerah kabupaten ada 55 orang dengan latar belakang berbeda, dimana ada 11 basis syarat seorang relawan demokrasi. Kemudian kita juga terus melakukan sosialisasi turun ke masyarakat maupun ke sekolah-sekolah untuk memberikan penjelasan pemilu terhadap pemilih pemula. Dan untuk menyukseskan pemilu ini, sebenarnya bukan hanya kewajiban KPU selaku penyelenggara, tapi seluruh elemen stakeholder pemerintah daerah juga berkewajiban ikut mensosialisasikan pemilu ini. Harapan kita tentu dalam pemilu kali ini, dapat berlangsung baik, sesuai aturan dan regulasi yang berlaku serta meningkatnya partisipasi pemilih,” pungkas Irwan. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *