SDIT Rabbani Ajarkan Murid Cinta Al-Quran

SDIT Rabbani Ajarkan Murid Cinta Al-Quran

BERBAGI
AMEK/RBO: Kepala SDIT Rabbani Atri Ardinata, S.Pd memantau siswa sedang serius belajar

RBO, BENGKULU – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Rabbani Kota Bengkulu mengajarkan murid untuk cinta terhadap ayat suci Al-Quran. Gunanya, untuk menghafal dan menerapkan makna isi ayat Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Kepala SDIT Rabbani, Atri Ardinata, S.Pd membenarkan, jika pihak sekolah menerapkan pada murid pentingnya Al-Quran pada kehidupan sehari-hari. Menghafal Al-Quran bukan hal yang mudah, tapi tanamkan dalam hati Al-Quran itu untuk dicinta dan disayang layaknya mencintai orangtua dan guru.

“Sebanyak 620 orang murid kami ajarkan untuk gemar membaca dan menghafal Al-Quran, Alhamdulillah, sudah ada murid yang sudah hafal 4-5 juz. Bahkan tahun kemarin 2018 ada salah satu murid menghafal 14-15 juz ketika mereka menyelesaikan studinya disini,” ujar Arti pada RADAR BENGKULU, Kamis, (7/2).

Dijelaskan dia, trik pihak sekolah agar murid dapat menghafal Al-Quran sampai 15 juz. Menurutnya, itu menjadi bagian kurikulum pembelajaran bagi sekolah dan dimasukan pada mata pelajaran wajib.

“Kami juga bersinergi dengan orangtua murid agar memotivasi mereka untuk giat menghafal Al-Quran dirumah masing-masing. Karena orangtua juga kami imbau untuk memfasilitasi anaknya agar mudah dan cepat dalam mengafal Al-Quran,” jelasnya.

Misalnya, ketika orangtua mengantar dan menjemput anak mereka di sekolah saat didalam mobil putarkan lagu murotal Quran.
“Dirumah juga sama putarkan lagu murotal tersebut, agar murid dapat mengurangi tontonan di Televisi (TV) yang terkadang dapat merusak generasi bangsa,” katanya.

Targetnya, jika murid menyelesaikan studi di SDIT Rabbani setidaknya menghafal Al-Quran sebanyak 5 juz. “Kalaupun ada murid yang belum mencapai 5 juz dan hanya sampai 3-4 juz itu sangat luar biasa. Karena usia murid yang masih kecil sudah hafal beberapa juz. Tapi idealnya dari pihak sekolah minimal 5 juz,” demikian. (CW1)