Pilpres, Sikap Pemuda  Muhammadiyah Netral

Featured Politik Sosial & Budaya
Sunanto: Kita Berikan Ruang Yang Sama
RBO, BENGKULU – Sikap politik organisasi Muhammadiyah bersama Pemuda Muhammadiyah pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 dipastikan akan netral. Tidak ada mendukung salah satu pasangan calon pemimpin negeri untuk periode 5 tahun kedepan.
Pernyataan itu diungkapkan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah, Sunanto disela-sela kegiatan Tanwir Muhammadiyah yang diselengarakan dari tanggal 15 sampai 17 Februari 2019 di Bengkulu.
Menurut Sunanto yang akrab disapa Cak Nanto ini, sikap politik netral yang ditunjukan organisasi Pemuda Muhammadiyah secara khusus, bukan berarti tidak berpolitik. Dimana pihaknya memberikan ruang yang sama terhadap kedua pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) untuk masuk ke ruang Muhammadiyah, meskipun tetap mengedepankan kriteria-kriteria sebagaimana yang telah ditetapkan Muhammadiyah.
“Sebagai seorang kader Muhammadiyah juga tentunya mengedepankan rasionalisasi dan fakta-fakta yang ada terhadap masing-masing pasangan calon, seperti harus amanah, fatonah, paham keagamaan dan bisa mengayomi semua serta bagaimana bisa memakmurkan bangsa, dan meningkatkan perekonomian anak bangsa,” ujarnya, Sabtu, (16/2).
Senada dengan itu, sebelumnya Ketua Panitia Tanwir Muhammadiyah, Dr H. Ahmad Dasan SH, MA juga menyampaikan, tidak ada paksaan bagi kader Muhammadiyah untuk menentukan sikap politik dalam Pilpres ini. Artinya, diberikan kebebasan bagi kader Muhammadiyah untuk menentukan sikapnya, tetapi tidak mengatas-namakan organisasi. Hal itu ditandai, cukup banyak dari kader Muhammadiyah sendiri yang  bergabung dengan Partai Politik (Parpol).
“Dalam Tanwir ini organisasi Muhammadiyah tidak akan mengeluarkan sebuah keputusan apapun menyangkut dukungan Pilpres. Dimana Tanwir ini sebagai persiapan menghadapi Muktamar ke 20 yang akan dilakukan di Solo pada tahun 2020 mendatang,” tukasnya. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *