Komisi I Ingatkan Penyelenggara dan Pengawas Pemilu Jaga Netralitas

Ekonomi & Bisnis Featured Hukum & Kriminal Pemda Provinsi Politik Sosial & Budaya
RBO, BENGKULU – Dalam musim politik tahun ini, dimana akan dilaksanakan Pilpres serentak dengan Pileg  pada tanggal 17 April 2019 nanti, pihak Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu menilai kinerja penyelenggara dan pengawas pemilu didaerah sudah cukup baik. Namun mereka mengingatkan kembali pada penyelenggara serta pengawas agar menjaga netralitas.
“Tentu kita minta kedua lembaga penyelenggara dan pengawas pemilu ini dapat menjaga marwah lembaga mereka sebagai penyelenggara yang berintegritas dan netral,” ungkap anggota Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Elly Fitriani, Selasa (26/2).
Dijelaskan oleh Elly yang juga anggota Fraksi Gerindra Provinsi Bengkulu tersebut, sejauh ini dari pantauannya dalam masa kampanye untuk Provinsi Bengkulu masih berjalan kondusif sesuai dengan aturan.
“Sampai sekarang, menurut saya, baik penyelenggara maupun pengawas pemilu kita di Bengkulu sudah bagus. Kita lihat sendiri, sejauh ini belum ada hal-hal menyimpang yang terjadi oleh penyelenggara dan pengawas pemilu maupun lembaga terkait. Seperti KPID yang juga ikut mengawasi netralitas media didaerah,” jelasnya.
Dengan semakin dekatnya masa pencoblosan yang menyisakan lebih kurang tujuh minggu kedepan, Elly menekankan, hendaknya pengawas dan penyelenggara dapat terus secara intensif mengawasi hal-hal terkait kecurangan pemilu.
“Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ataupun kecurangan-kecurangan dalam pemilu. Seperti pengawasan terkait penggunaan fasilitas berupa kendaraan dinas oleh peserta yang kebetulan juga suami atau istrinya pejabat. Kemudian mengawasi ASN sebagai abdi negara untuk tetap netral. Jangan sampai terlibat politik praktis dan lain sebagainya,” tekan Elly.
Harapannya, lanjut Elly, hingga pemilu selesai nanti, selain terpilih pemimpin yang baik sesuai keinginan rakyat, juga terjaganya kondusifitas daerah. “Harapan kita Pemilu ini dapat berjalan baik dan lancar sampai selesai nanti,” tukasnya. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *