/Kado Manis Skuad Garuda Muda Juara AFF 2019

Kado Manis Skuad Garuda Muda Juara AFF 2019

Oleh Supratman – Bengkulu 

RBO, BENGKULU – Timnas Indonesia U 22 akhirnya mampu mempersembahkan kado manis bagi seluruh rakyat Indonesia. Setelah skuad Garuda Muda tampil memukau di final yang dihelat di Stadion Olimpyc Kamboja dengan menundukkan tim sepak bola Timnas U 22 Thailand dengan skor akhir 2-1. Walaupun sempat tertinggal lebih dulu pada pertengahan babak kedua namun anak asuhan Head Coach Indra Sjafri mampu bermain spartan sepanjang final sejak awal babak pertama dimainkan.

Berkat kemenangan atas Thailand, Timnas Indonesia akhirnya kembali mengukir sejarah dengan raihan tiga piala juara AFF untuk kategori U 16, U 19 era Evan Dimas Darmono Cs dan Timnas U 22 era Witan Sulaiman dan kawan-kawan.

Kendati pada menit akhir Indonesia harus bermain dengan sepuluh orang akibat kartu merah yang diterima kapten tim Bagas Hadi pada menit 83.

Namun dengan pergantian Witan Sulaiman yang digantikan oleh Indra Sjafri dengan memasukkan pemain bertahan. Strategi tersebut terbukti jitu hingga akhirnya Marinus Wanewar yang kerap turun ke lini pertahanan Indonesia mampu menjaga gawang Garuda Muda, yang dikawal Awan Seto tetap terjaga hingga peluit akhir ditiupkan oleh wasit yang sebelumnya telah memberikan tambahan waktu lima menit dari waktu normal.

Atas kemenangan juara ini. Pemain muda Fenomenal Indonesia Egy Maulana Fikri yang bermain di Lechia Gdanks melalui instagramnya mengucapkan selamat dan Garuda Muda memang layak menang meskipun dia belum bisa ikut bergabung bersama Luthfi Kamal dan kawan-kawan.

Sementara itu dari pencetak gol kedua Timnas yang akhirnya membawa Indonesia Juara Osvaldo Haay mengatakan kemenangan itu untuk seluruh rakyat Indonesia. “Juara ini berkat kerja keras dan kesolidan kawan-kawan. Kemenangan ini kami persembahkan untuk rakyat Indonesia” singkat Osvaldo Haay saat ditanyai secara live usai pertandingan final melawan Thailand.

Dari lima kali pertandingan hingga final tim Garuda Muda tercatat tidak pernah kalah. Pada babak penyisihan group Garuda Muda bermain imbang 1-1 kontra Myanmar, kemudian imbang 2-2 dengan Malaysia lalu menang 2-0 saat menghantam tuan rumah Kamboja. Pada babak semi final Garuda Muda menghadapi Vietnam dan akhirnya menang 1-0 hingga lolos ke partai final. Selamat Timnas Garuda. Selamat untuk Indra Sjafri dan selamat untuk Garuda muda, kalian telah mengharumkan nama bangsa, Indonesia adalah Bangsa pemenang. (IWAN)

Note: Supratman (Iwan) adalah wartawan Politik dan Olahraga yang tinggal di Bengkulu. Saat ini Iwan tercatat sebagai Top Score pada turnamen Footsal RBMG Bengkulu 2018