Murid SDN 16 Penarik “Sulap” Sampah Jadi Pupuk

Featured Lingkungan Mukomuko Pendidikan

RBO, MUKOMUKO – Salah satu Sekolah Dasar, yakni SDN 16 Penarik berhasil mengelola sampah disekitar sekolah menjadi pupuk tanaman. Pupuk yang dihasilkan dari sampah ini berbentuk cair.

Kepala SDN 16 Penarik, Rasita, S.Pd dikonfirmasi kemarin menuturkan, pupuk cair dari sampah itu murni karya murid SD tersebut dibawah bimbingan guru.

Pihak sekolah mengajak murid-murid untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan cara memanfaatkan sampah organik yang dikumpulkan menjadi sesuatu yang bermanfaat.

“Kita ingin mengajak murid-murid berkarya, merubah sesuatu yang tidak bernilai menjadi barang yang bermanfaat. Seperti sampah ini kita manfaatkan menjadi pupuk. Lingkungan sekolah kita bersih dan ada manfaat lain yang ditimbulkan,” beber Rasita.

Selain membuat pupuk dari sampah, ,urid-murid SDN 16 Penarik juga menanami lingkungan sekolah dengan berbagai tanaman hias. Tujuannya agar suasana sekolah menjadi bersih dan asri.

Ditambahakannya, untuk sementara pupuk hasil karya murid-murid ini baru dimanfaatkan untuk kebutuhan sekolah. Namun bukan tidak mungkin nanti akan dijual ketengah masyarakat jika dibutuhkan dan memungkinkan.

“Pupuk yang kita hasilkan tadi kita gunakan untuk memupuk tanaman yang ada disekolah. Kalau dijual belum. Tapi kedepannya bukan tidak mungkin akan dijual kalau ada permintaan. Tapi yang terpenting bukan soal untung disegi materinya, tapi bagaimana agar anak bisa berkarya,” pungkas Rasita. (sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *