Desa Balam Prioritaskan Bangun RB, Beronjong dan Gapura Wisata

Bengkulu Utara Featured

RBO >>  ARGA MAKMUR >>  Desa Balam, Kecamatan Air Padang Bengkulu Utara(BU) di bawah kepimpinan kadesnya Iklim, terus menggeliat menata wajah desa mereka dengan pembangunan infrastruktur desa serta sarana prasarana di desa ini dari realisasi APBDes yang ada maupun dari sumber ABD BU, Provinsi. Bahkan APBN.

Menurut Kades Iklim Jahidin saat ditemui RADAR BENGKULU di ruang kerjanya kemarin, realisasi APBDes tahun 2018 lalu telah dirampungkan dengan tepat waktu, tepat manfaat, tepat aturan dengan pola Padat Karya Tunai (PKT). Begitu pula kegiatan peningkatan kapasitas lewat pendidikan, pelatihan, penyuluhan serta pemberdayaan masyarakat desa dan jalannya roda pemerintahan dengan mengutamakan pelayanan prima dan tata kelola Administrasi pemdes secara transparan dan akuntabel.

Dipaparkan Kades Balam saat ini memiliki penduduk sebanyak 753 jiwa yang tersebar di wilayah 3 Dusun. Untuk rencana realisasi pembangunan tahun ini berangkat dari dokumen RKP yang ada, pemdes masih memprioritaskan pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur desa yang masih sangat dibutuhkan masyarakat setempat.

“Adapun yang jadi diprioritas kita untuk dibangun tahun ini Rabat Beton di dusun 1 panjangnya 30 m, pelapis tebing di dusun 1, dua titik panjang 50 m, beronjong panjang 50 m tinggi 4m. Pemdes juga berencana membangun gapura wisata Air terjun Talang Diwo, Poskamling permanen 2,5 m persegi, terletak didusun ll dan lll, dan Rabat Beton panjangnya 500m tinggi 10 lebar 1,25m. Sedangkan untuk pemberdayaan masyarakat desa juga bagian yang tak terpisahkan dari pembangunan di Desa Balam, pemberdayaan lembaga kemasyarakatan, kewirausahaan serta pemberdayaan lainnya,” jelas Iklim. (bri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *