Jaga TPS, Kemungkinan Besar Hansip Tak Pakai Seragam

Featured Hukum & Kriminal Mukomuko Politik Sosial & Budaya

RBO, MUKOMUKO – Sebanyak 1.134 Anggota Linmas atau Hansip telah disiapkan untuk diterjunkan mengamankan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Ribuan Hansip ini akan disebar ratusan Tempat Pemungutan Suara (TPS) wilayah kerja masing-masing.
Sayangnya, besar kemungkinan ribuan Hansip yang akan andil dalam pengamanan Pemilu 2019 nanti tidak akan menggunakan seragam Linmas lengkap. Pasalnya, pada tahun ini, tidak ada alokasi anggaran untuk pengadaan seragam Linmas. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Dinas Satpol-PP dan Damkar) Kabupaten Mukomuko, A. Halim, SE dikonfirmasi, RADAR BENGKULU Kamis (21/3).

Ditegaskan Halim, kendati ribuan Hansip ini tidak difasilitasi seragam baru, tidak akan mengganggu kinerjanya saat melakukan pengamanan Pemilu mendatang. Ribuan Hansip ini akan dibekali tanda pengenal yang menunjukan kalau yang bersangkutan adalah Hansip keamanan TPS.

“Terkait bentuk tanda pengenal nanti akan disepakati bersama dengan KPU, Bawaslu dan Polres. Bentuknya bisa jadi semacam Badge. Tapi, kemungkinan ada juga yang memakai seragam lama, bagi Hansip yang sudah punya,” ungkap Halim.
Katanya, terkait seragam Hansip ini, rencananya akan diakomodir pada 2020 mendatang. Ini sebagai bentuk kesiapan Pemkab Mukomuko menghadapi Pilkada di daerah ini.

Terkait permintaan KPU Mukomuko yang membutuhkan sebanyak 1.134 orang Hansip untuk Pemilu 2019 ini, Halim memastikan tidak ada kendala lagi. Nama-nama 1.134 Hansip sudah dikantongi Dinas Satpol-PP dan Damkar.

“Sebagai tanggungjawab Pemkab Mukomuko untuk suksesnya Pemilu 2019, 1.134 orang Hansip siap diterjunkan,” pungkas Halim. (sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *