Aviastar  Terbangi  Enggano – Bengkulu – Mukomuko – Padang

Bengkulu Utara Ekonomi & Bisnis Featured Mukomuko Pemda Provinsi

Syafril : Wings Air Bakal Stop

RBO, BENGKULU – Transportasi udara, penerbangan di Provinsi Bengkulu pada tahun 2019 ini, kembali akan diisi oleh pesawat perintis dari Aviastar. Sebelumnya diketahui maskapai Wings Air berhenti atau bakal stop terbang dari Kabupaten Mukomuko ke Kota Bengkulu. Hal ini diakui Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bengkulu. Meskipun demikian saat ini sudah disiapkan penggantinya, yakni maskapai Aviastar yang merupakan angkutan udara perintis dan bukan hanya melalui rute Mukomuko-Bengkulu saja tapi juga sejumlah rute lainnya.

Plt Kadishub Provinsi, Muhammad Yusuf, ST melalui Kabid Pengembangan dan Perkeretaapian, Syafril, SE, Ms.Tr mengatakan, terhentinya penerbangan maskapai Wings Air yang memiliki kapasitas sekitar 70 penumpang dari Bengkulu-Mukomuko dan sebaliknya, lantaran ketersediaan penumpang yang tidak memadai. “Ditambah lagi harga tiket saat ini cukup tinggi, walaupun beberapa waktu kedepan bakal mengalami penurunan,” ungkap Syafril, Kamis (28/3).

Menurutnya, walaupun pihak maskapai Wings Air memastikan rute penerbangan Bengkulu-Mukomuko dan sebaliknya tutup, tapi pada saat ada event besar di Kabupaten Mukomuko mereka tetap bersedia mengudara untuk mengangkut penumpang. “Makanya kita terus mendorong kedepannya agar Pemkab Mukomuko dapat mengadakan event-event besar,” kata Syafril.

Disisi lain, Syafril meminta masyarakat jangan khawatir, karena pihaknya sudah menyiapkan angkutan udara perintis yang menginduk di Bandar Udara Binaka Wilayah Gunung Sitoli Sumatera Utara.  “Ini setelah kita sukses mengikuti tendernya. Sesuai dengan program untuk Bengkulu, rutenya dari Padang-Mukomuko-Kota Bengkulu-Enggano Pulang Pergi (PP),” terang Syafril.

Hanya saja, kontrak dalam artian disubsidi ongkosnya yakni rute Padang-Mukomuko Pulang Pergi (PP), dan Bengkulu-Enggano PP. “Sedangkan Bengkulu-Mukomuko PP komersil, tapi dipastikan ongkos atau tarifnya tidak terlalu mahal. Untuk jalur penerbangannya, dari Padang-Mukomo mulai pukul 07.00 WIB. Setiba di Mukomuko berhenti sebentar sembari memuat penumpang, kemudian terbang ke Kota Bengkulu. Singgah sebentar isi penumpang, terbang lagi ke Enggano,” ujarnya.

Begitu juga, sambung, Syafril ketika terbang dari Enggano ke Kota Bengkulu, dilanjutkan ke Mukomuko, kemudian ke Padang. Cuma 1 trip saja dalam sehari, yakni setiap hari Senin. “Jadi dalam sepekan cuma sekali Aviastar terbang di langit Bengkulu. Pesawat perintis ini berkapasitas 18 penumpang dan 2 awak pesawat. Memang awalnya kita mengusulkan 3 kali dalam seminggu, tapi tahap awal ini baru diakomodir sehari dalam seminggu,” ujarnya.

Ditambahkan Plt Kadishub Provinsi, pihaknya berharap agar masyarakat, terutama dari Kabupaten Mukomuko untuk lebih sering menggunakan angkutan udara ini. “Seperti Pejabat, pengusaha, dan masyarakat lainnya. Sehingga nantinya jumlah penumpang terpenuhi, yang tentunya berdampak disaat kita mengusulkan tambahan waktu penerbangan,” singkatnya. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *