Gubernur Minta Masyarakat Biasakan & Lakukan Germas Hidup Sehat

Featured Kesehatan Pemda Provinsi

RBO >>  BENGKULU >> Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA meminta agar masyarakat Bengkulu untuk biasa dan melakukan Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat.  Kebiasaan ini hendaknya dilakukan secara rutin.

“Germas Hidup Sehat ini aturannya jelas. Sudah ada Instruksi Presiden No 1 tahun 2017. Kemudian di daerah sudah ada surat edaran. Bahkan Peraturan Daerahnyapun sudah ada untuk menjalankan instruksi pemerintah pusat ini. Maka dari itu saya minta kepada seluruh masyarakat Bengkulu untuk menjalankan, membiasakan dan lakukan pesan Germas, yakni makan buah dan sayur, lakukan aktivitas fisik (olahraga), cek kesehatan berkala, tidak merokok dan konsumsi alkohol dll yang membayakan kesehatan. Jadi sekali lagi saya minta, pesan Germas ini jangan hanya diingat saja, namun juga harus dijalankan, dipraktikan mulai dari diri kita, keluarga dan nanti ke lingkungan,” tegas Gubernur usai senam Germas massal di SMPN 1 Ujan Mas Kepahiang (30/3).

Senada dengan Gubernur Bengkulu, Bupati Kepahiang, Dr. H. Hidayatullah Sjahid, MM menuturkan, implementasi Germas hidup sehat ini sudah sangat baik dijalankan oleh Kabupaten Kepahiang berserta masyarakatnya.
“Kami bukan hanya ada inpres, SE, Perda saja. Tapi kami juga sudah punya forum dan Pokja Germas Hingga ke desa. Terkait Perda, kami juga sudah mengatur larangan merokok sampai ke desa. Misalkan saja di desa tak seleluasa lagi merokok ditempat keramaian, misalkan ada pesta. Kita mengatur itu agar terwujud masyarakat yang sehat produktif pula,” terangnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu H. Herwan Antoni, SKM, M.Kes, M.Si dihadapan ribuan massa mengatakan bahwa, kegiatan penggerakan massa di Kepahiang ini adalah bentuk implementasi pesan Germas, yakni melakukan aktivitas fisik. Selain itu juga kita sampaikan pesan Germas lain dengan makan buah dan sayur dan cek kesehatan secara berkala.

Tujuan lainnya penggerakan ribuan massa ini adalah untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berprilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup. Sedangkan untuk peringatan TB sedunia penggerakan massa ini merupakan sebuah bentuk dan upaya seluruh lapisan masyarakat dan segenap komponen bangsa untuk bersama sama membebaskan daerah dari penyakit Tuberkolosis. (ae2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *