Musim Panen, Petanidi Seluma Mengeluh

Featured Seluma

Harga Jual Gabah Turun

RBO  >>  SELUMA  >>  Memasuki musim panen padi, petani malah mengeluh. Pasalnya, harga jual gabah di Kabupaten Seluma mulai turun saat ini.

      Ketua Kelompok Tani Air Pancur di Kelurahan Napal, Kecamatan Seluma Kpta, Asnawi mengungkapkan, harga gabah kering pekan ini hanya Rp 4 ribu per kilo dan gabah basah Rp 3700 perkilo. Harga itu menyusut daripada sebelumnya yang bisa mencapai Rp 5 ribu per kilo untuk gabah kering dan Rp 4 ribu perkilo untuk gabah basah.

“Penurunan harga jual gabah tersebut, terjadi menyusul mulai melimpahnya stok gabah di tingkat petani, ” ujar Asnawi, kemarin.

Di sebagian besar wilayah Kecamatan Seluma Kota, Seluma Selatan dan Seluma Barat misalnya, hampir seluruh areal persawahan memasuki massa panen serentak musim ini.

” Stok gabah melimpah dan berdampak penurunan harga jual di pasaran,” ujarnya.

      Meskipun ada penurunan harga jual, dia mengaku masih mendapatkan keuntungan, meskipun tidak sebanyak sebelumnya. Ia memprediksi harga jual gabah akan kembali turun, seiring masih banyak lahan tanaman padi yang belum dipanen.

“Dengan penurunan harga gabah, banyak petani yang enggan menjual hasil panennya,” ujarnya.

Senada juga diungkapkan petani lainnya, Sabrot (60), petani di Kelurahan Padang Rambun. Musim panen padi dipilih dirinya untuk menangkap peluang itu dengan usaha buruh rontok padi menggunakan mesin perontok.

” Alhamdulillah, hasilnya hampir sama dengan punya sawah sendiri. Sebab, setiap hari ada saja yang minta bantu untuk sewa merontok padi dengan mesin. Sistem pembagiannya, 10: 1. artinya, sepuluh karung, satu jatah perontok,” sampainya. (0ne)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *