Gub Rohidin dan FKPD Sidak, Pastikan Pemilu Serentak Kondusif

Featured Hukum & Kriminal Pemda Provinsi Politik

RBO, BENGKULU – Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi memantau langsung proses pemungutan suara dengan mendatangi sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Itu dilakukan salah satunya untuk memastikan proses pelaksanaan Pemilu, khususnya di Provinsi Bengkulu berjalan aman, lancar, dan kondusif.

Pemantauan yang dilakukan Gubernur di TPS dalam wilayah Kota Bengkulu, setelah memberikan hak suaranya. Pemantauan yang dimulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB, diantaranya dengan mendatangi TPS 02 Anggut Atas, TPS 02 Kelurahan Pintu Batu, TPS 04 Kampung Bali, TPS 01 Rawa Makmur, dan TPS 02 Jalan Gedang.

“Pemantauan yang kita lakukan bertujuan untuk memastikan kondisi pelaksanaan Pemilu serentak berlangsung kondusif, aman dan lancar. Selain itu pemantauan juga ditujukan untuk melihat secara langsung, ada tidaknya laporan-laporan terkait pemilihan secara terupdate, baik dalam prosesnya maupun terkait hak-hak pemilih,” ungkap Rohidin, kemarin (17/4).

Menurutnya, kalaupun terdapat kendala selama proses pemungutan, hingga penghitungan suara nanti, bisa ditindaklanjuti sedini mungkin. “Tapi yang jelas dari pemantauan yang kita lakukan tadi (kemarin, red), partisipasi pemilih cukup tinggi. Ini terlihat hingga pukul 10.00 WIB tadi, partisipasi pemilih sudah mencapai 50 persen,” kata Rohidin.

Tak jauh berbeda juga disampaikan Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs. Supratman. Ia menambahkan, animo masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya cukup tinggi. Ini diketahui bukan hanya pada saat memantau secara langsung ke TPS, tetapi juga dari laporan setiap Polres dan Polsek di jajarannya yang melaporkan kondisi terkini di setiap TPS.

“Dari laporan setiap Kapolres by phone tadi, tingkat partisipasi pemilih cukup tinggi, sudah 50 persen lebih pemilih telah mencoblos. Kita berharap Pemilu serentak di Bengkulu dapat berjalan aman, tertib, dan damai. Usai pencoblosan rencananya kembali dilakukan Video Conference dengan Mendagri,” singkat Supratman. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *