Situng Website KPU Diyakini Valid

Featured Pemda Provinsi Politik

Eko Sugianto: Bisa Jadi Panduan

RBO, BENGKULU – Hasil hitung yang ditampilkan dalam website Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di https://pemilu2019.kpu.go.id/#/ppwp/hitung-suara diyakini valid. Ini ditegaskan Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Eko Sugianto, M.Si, Minggu (19/4). Menurutnya, hasil hitung yang dimaksud merupakan fakta sesungguhnya dari pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara.
“Karena sumber dari hasil hitung di website tersebut, dari hasil upload C1 yang discan oleh operator Situng di KPU Kabupaten/Kota. Dimana C1 itu bisa sampai ke KPU Kabupaten/Kota melalui PPK, setelah menerima dari masing-masing TPS. Makanya saat ini bisa dikatakan jika C1 semuanya sudah ada di KPU Kabupaten/Kota,” ungkap Eko.
Hanya saja, lanjut Eko, untuk sementara ini C1 belum terupload seluruhnya. Mengingat servernya cuma 1 secara nasional, dan berada di Jakarta. “Sehingga proses mengupload agak lambat. Seiring dengan itu, tentu saja data yang ada pada hasil hitung website masih terus mengalami pegeseran. Karena setelah C1 diuload baru tampil hasil hitungnya,” terang Eko.
Disisi lain, Eko mengingatkan agar operator situng yang bertugas menguload dan mengentry data, jangan merubah-rubah. Dalam artian harus tetap sesuai dengan C1. “Jangan ditambah, dan jangan pula dikurangi hasil perolehan suara sebenarnya. Walaupun sebenarnya jika terjadi kesalahan input data, masih bisa diperbaiki,” ujar Eko.
Lebih jauh dikatakannya, hasil hitung dalam website bisa menjadi panduan bagi para tim sukses ataupun calon legislatif (Caleg). Karena pada website, bisa dicek langsung C1. “Atas dasar ini juga, sejak awal kita meyakini jika hasil hitung di website itu valid. Karena C1 yang discan dan diupload operator, juga bisa dilihat,” pungkasnya. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *