Akses Menuju Seluma Selatan – Ilir Talo Putus Akibat Banjir

Desa Ekonomi & Bisnis Featured Lingkungan Seluma

RBO, SELUMA – Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Seluma Sejak Rabu (24/4) siang hingga Kamis (25/4) tengah malam berakibat dengan putusnya akses semantara antara sejumlah desa di Kecamatan Seluma Selatan dan sejumlah desa di Kecamatan Ilir Talo.
Warga yang akan melintas terpaksa berbalik arah atau menunggu debit air menurun. “Kendaraan roda dua dan empat tidak berani menyeberang dan harus menunggu air surut atau berbalik arah,” kata warga Desa Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan,Dadi Supriyanto (38) , Kamis (25/4).

Banjir musiman seperti ini kerap terjadi, selain lokasinya yang berada di dataran rendah, banjir juga disebabkan meluapnya air sungai Muara Seluma dan pasang surutnya pantai Pasar Seluma. “Banjir sudah langganan di setiap musim penghujan,” kata dia.

Selain memutuskan akses jalan, banjir juga menyebabkan puluhan hektar lahan perkebunan dan sawah petani terendam. Beruntungnya, di musim ini, mayoritas petani baru saja menyelesaikan masa panen. “Banjir sudah menjadi langganan setiap tahun. Salah satu solusi, yakni dengan pengerukan atau pemecahan alur sungai Seluma,” kata warga Desa Sukarami Kecamatan Seluma Selatan, Adnan (60). (0ne)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *