Diprediksi Enam Parpol Tak Dapat Kursi di Kota Bengkulu

Featured Kota Bengkulu Politik

Empat Parpol Baru, Dua Parpol Lama

RBO, BENGKULU – Pada kontestasi Pileg tahun 2019 ini, meskipun pleno tingkat PPK masih terus berlanjut, namun gambaran untuk Partai Politik (Parpol) yang akan mendapatkan kursi di DPRD Kota Bengkulu sudah bisa dilihat. Jika mengacu pada situs resmi Web KPU https://pemilu2019.kpu.go.id sampai hari Jumat tanggal 26 April 2019, ada empat Parpol baru mulai dari PSI, Perindo, Partai Berkarya dan Partai Garuda belum berhasil mendapatkan kursi DPRD. Ditambah dua Parpol lama, yaitu PKPI serta PBB yang juga masih kosong untuk perolehan kursinya. Adapun dari Ketua DPD PSI Kota Bengkulu, Ranto Harisandi SE mengakui kekosongan kursi tersebut. Namun secara umum, PSI yang merupakan partai baru, kemudian mayoritas diisi anak muda Bengkulu, pihaknya legowo dengan hasil pemilu saat ini. “Memang hasil pleno KPU belum dilaksanakan. Tapi dari hasil data yang kami miliki serta data Web KPU, dari empat Dapil yang ada PSI masih nihil. Belum berhasil mendapatkan kursi DPRD Kota Bengkulu,” Kata Ranto kepada radarbengkuluonline.com, Jumat (26/4).

Dijelaskan Ranto, Pemilu tahun 2019 ini, selain pemilu yang pertama kali PSI ikuti sebagai peserta, pemilu ini juga menjadi bahan pembelajaran dan evaluasi bagi mereka guna terjun lebih jauh menyelami dunia politik. “Kami memang tidak punya saksi resmi yang diberi mandat diseluruh TPS. Tapi, kami punya saksi bayangan yang mendokumentasikan langsung hasil perolehan suara C1 di TPS lewat camera handphone dan data tersebut sudah masuk kepada kami. Kedepan, mungkin ini bisa jadi bahan evaluasi kami guna membesarkan PSI di Kota Bengkulu,” jelasnya.

Kendati belum berhasil mendapatkan kursi DPRD, PSI lanjut Ranto, sudah berusaha dan berjuang semaksimal mungkin guna mendapatkan dukungan masyarakat. “Kami sudah berusaha berjuang semampu kami sebagai anak muda. Kami berhasil mengumpulkan 3000 lebih suara dari empat Dapil, dan itu semuanya tanpa money politics. Kalau kita lihat untuk pemilu kita di Indonesia, salah satunya di Bengkulu, nuansa money politics itu masih sangat kental. Namun kita sulit untuk membuktikannya,” pungkas Ranto. Sementara itu, untuk pemenang pemilu di Kota Bengkulu ada PAN, Golkar, PKS, Gerindra dan Demokrat. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *