BKKBN Bengkulu Siapkan Generasi Berencana Kreatif & Produktif

Featured PARIWARA Peristiwa

RBO  >>   BENGKULU  >>   Dalam pemilihan duta GENRE (Generasi Berencana) yang merupakan kegiatan kelompok –kelompok pusat informasi dan konseling remaj, dalam pembinaan yang dilakukakan BKKBN akan mememilih duta –duta GENRE di tingkat Provinsi yang nantinya mampu menjadi pusat informasi di kalangan remaja di setiap kabupaten. Pemilihan duta dilaksanakan dengan cara para remaja mengikuti lomba –lomba yang diselenggarakan oeleh BKKBNN dan harus mengikuti beberapa tahapan untuk menjadi duta Provinsi, nantinya mampu mewakili remaja Provinsi Bengkulu sebagai duta GENRE .

Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Bengkulu, Busmar Edisyaf SP MM mengungkapkan, dari hasil lomba GENRE yang dilakasanakan untuk pemilihan Duta Genre Provinsi akan dikirim perwakilan duta GENRE ke tingkat nasioanal yang berbasis Pendidikan dan Masyarakat,  agar generasi muda yang kita bina nantinya mampu untuk menjadi tutor sesama remaja untuk memberikan penyuluh, baik itu di sekolah maupun di masyarakat. ‘’Karena usia produktif yang kita bina mulai dari umur 10 tahun sampai 24 tahun,”ungkap Busmar.

FAHMI/RBO
Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu, Busmar Edisyaf SP MM foto bersama usai memberikan perhargaan kepada duta GENRE Provinsi Bengkulu terpilih

Dengan pemilihan duta ini, lanjutnya, BKKBN sudah menyiapkan Duta GENRE yang kreatif dan Produktif, sehingga mampu untuk mempersiapkan generasi muda lebih jauh kedepannya. Agar para remaja nantinya mempunyai pandangan yang positif dan para remaja mampu secara mandiri membina dirinya sendiri dalam menata masa depannya nanti.

‘’Dengan pemilihan duta GENRE ini mampu menekan angka pernikahan dini yang tidak didasari oleh pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan keluarga berencana. Untuk itu remaja harus mempunyai pendidikan yang tinggi agar pada saat sudah mempunyai kematangan dan liveskil sehingga para remaja sudah siap untuk melakukan pernikahan.’’

Duta GENRE Provinsi yang terpilih, nantinya akan mengikuti lomba yang sama tingkat nasional yang dilaksanakan di Banjarmasin pada bulan Juli yang bertepatan dengan hari keluarga nasioanal dan diharapkan mampu mendapatkan juara seperti di tahun –tahun sebelumnya.

GENRE ini sudah terbentuk dari tahun 2010, sesuai amanat dari undang –undang 52 tahun 2009 yang nantinya akan ditempatkan di sekolah –sekolah dari tingkat SLTP sampai perguruaan tinggi.
Untuk itu, sebagi Duta GENRE yang terpilih, mampu untuk mengapresiasi para remaja yang lain agar para remaja tidak terjerumus ke hal –hal yang negatif.

Adapun yang menjadi moto para GENRE ini “Setahun kita menjabat selamanya mengapresiasi.” Artinya, ” Mereka dalam setahun ini  harus mampu mengajak para remaja ke arah yang positif,”ucap Busmar.

Apalagi pada saat sekarang ini para remajapun sudah banyak teracuni oleh kecanggihan teknologi dan pergaulan bebas. Itulah yang menjadi tugas pokok dari para Duta GENRE agar para remaja yang ada mampu menjadi remaja yang kreatif dan produktif. Sehingga kenakalan yang dilakukan oleh para remaja mampu teratasi dan berguna dan mempunyai kesadaran yang baik di kalangan masyarakat.

‘’Sehingga nantinya kita mampu untuk menyiapkan generasi emas di tahun 2045 yang merupakan tahun emas 100 tahun Indonesia Merdeka,”harapnya.

Adapun yang menjadi perwakilan Duta GENRE ke tingkat nasional adalah dari basis Pendidikan Tiodora Ayudia NS, Cece Remargo dan dari basis Masyarakat Vivi Oktavia,Erik Ari Sanjaya. Dimana mereka inilah yang akan membawa nama baik Provinsi Bengkulu sebagai Duta GENRE yang dipilih dan mampu menjadi acuan dari para remaja yang ada.

Salah seorang dari mereka mengungkapkan, “Kami akan mempersiapkan diri untuk menjadi yang terbaik,dan membekali diri yang menyangkut tentang pendidikan dan kemasyarakatan seorang remaja,”ungkapnya.
Apalagi untuk menjadi Duta ini bukanlah hal yang mudah. Membutuhkan proses yang panjang. Untuk itu, sebagai duta GENRE akan memberikan hasil terbaik untuk Provinsi Bengkulu.( Sir 1/Yar/prw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *