Kopi Kepahiang Mendunia

Desa Ekonomi & Bisnis Featured Kepahiang Pemda Provinsi Pertanian Sosial & Budaya

RBO, KEPAHIANG – Gubernur Bengkulu, Dr. drh. Rohidin Mersyah M.MA berkunjung ke Kabupaten Kepahiang, sekaligus panen raya bersama Bupati Kepahiang, dan petani kopi. Dalam kunjungannya Gubernur mengatakan, Provinsi Bengkulu sangat bangga dengan Kabupaten Kepahiang sebagai penghasil kopi terbesar di Provinsi Bengkulu. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sudah bersedia untuk membantu promosi Kopi Bengkulu di wilayah Jakarta. Gubernur Anies akan menyiapkan outlet tempat pemasaran kopi Bengkulu. Hal ini merupakan bentuk untuk menolong masyarakat petani kopi di pedesaan. “Kepahiang kita canangkan menjadi kampung kopi, ini karena produktivitas kopinya yang sudah mendapat pengakuan IG. Dan kopi Kepahiang juga berkualitas,”ungkap Rohidin.

Disamping itu, Bupati Kepahiang Dr. Ir Hidayattullah Sajahid MM, IPU mengatakan, bahwa saat ini Kepahiang sudah ada sertifikat Indeks Geografis (IG) yang diterbitkan oleh Kemenkumham RI. Kepahiang juga telah melakukan kerjasama ke beberapa pihak dalam pengembangan kopi di Kabupaten Kepahiang. “Saya menyampaikan bahwa Pemda Kepahiang bekerjasama dengan Puslitkoka Jember dan Badan Litbang Kementerian Pertanian dalam hal ini BPTP Bengkulu dalam pengembangan kopi robusta Kepahiang. Kami harapkan dengan kerjasama ini dapat meningkatkan produktivitas kopi di Kepahiang. Untuk kesejahteraan masyarakat Kepahiang,”sampai Dia.
Dia juga menyampaikan, bantuan alat mesin pertanian yang telah diberikan Pemprov Bengkulu ini tidak lain adalah untuk meningkatkan produktivitas kopi di Kabupaten Kepahiang. Tak hanya pengolahan kopi, mulai dari peningkatan produktivitas kopi menurutnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. “Dari program kopi sambung yang sudah diterapkan Pemprov Bengkulu dan Pemkab Kepahiang sudah meningkatkan produktivitas kopi petani. Semula yang panen kurang dari 1 Kg perbatangnya. Sejak disambung meningkat menjadi 2 Kg perbatang,”demikian ujarnya.(ide)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *