PMI Bengkulu Distribusikan Bantuan Logistik Bagi Korban Bencana

Ekonomi & Bisnis Featured Lingkungan Pemda Provinsi Sosial & Budaya

RBO, BENGKULU – Pasca musibah bencana alam longsor dan banjir yang melanda Provinsi Bengkulu, Pihak Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bengkulu selain menurunkan tim lengkap ke lokasi bencana banjir bandang dan tanah longsor yang hampir merata terjadi di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu, juga mendistribusikan barang bantuan logistik berupa 500 paket Family Kids dan Hygiene Kids kepada korban bencana.

Dari 500 paket Family Kids dan Hygiene Kids yang disiapkan oleh PMI secara simbolis diserahkan Sekretaris PMI Provinsi, Joni Saputra bersama Wakil Ketua PMI Provinsi, H. Asnawi A Lamat M.Si dan perangkat lurah, kepada 31 Kepala Keluarga (KK) korban bencana banjir di Kelurahan Kampung Kelawi, Kecamatan Sungai Serut, Kota Bengkulu.

Sekretaris PMI Provinsi Bengkulu, Joni Saputra menyatakan, sejak hari pertama pasca bencana dan hingga sekarang, pihaknya telah melakukan upaya pertolongan pertama dan evakuasi, serta pelayanan kesehatan kepada masyarakat korban bencana yang ada di Provinsi Bengkulu ini. Termasuk menyalurkan bantuan logistik.

Dimana untuk bantuan logistik berupa Family Kids dan Hygiene Kids ini merupakan, peralatan keluarga yang didalamnya ada, peralatan memasak, kesehatan, mandi, kebersihan lainnya, penerangan, kain handuk, dan terpal.

“Bantuan paket logistik ini lengkap dan kita memberikan untuk bencana alam kategori berat, seperti banjir bandang, gempa yang menyebabkan rumah warga rusak dan perabotannya hanyut,” ungkap Joni yang juga diamini Asnawi Alamat, kemarin.

Dikatakan, penerima bantuan dari pihaknya ini, sebelumnya juga telah melalui assesment dengan mengunjungi korban bencana secara langsung dan melihat kondisi di sekitar rumahnya, untuk diberikan penilaian layak atau tidaknya diberikan bantuan.

“Kita pastikan penerima manfaat dari bantuan yang diberikan, tepat sasaran. Karena tim kita langsung turun melakukan pendataan lapangan dengan memilih korban yang kategori rusak berat atau rusak total. Untuk itu diharapkan bantuan yang kita berikan ini bisa sedikit meringankan beban korban bencana,” katanya.

Sementara itu, Lurah Kampung Kelawi Alamsyah memberikan apresiasi dan atas nama warga korban banjir, menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan pihak PMI Bengkulu. Karena diyakininya bisa membantu beban pasca bencana ini. Apalagi sebelumnya bantuan jenis berbeda baik dari Pemerintah Kota maupun pihak lain, juga telah mengucur melalui posko yang didirikannya kepada korban bencana di wilayahnya.

“Korban bencana di Kampung Kelawi yang terdampak banjir dengan dibagi dalam kategori berat, sedang dan ringan ini sekitar 35 KK atau 142 jiwa. Tapi ada satu rumah yang hanyut di RT 5, milik Daswan,” demikian Alamsyah.(idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *