KPU Provinsi Sampaikan Hasil Pleno Rekapitulasi

Featured Hukum & Kriminal Pemda Provinsi Politik Sosial & Budaya

RBO, BENGKULU -Pihak penyelenggaraan pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan kembali menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara tingkat nasional dalam negeri dan penetapan hasil Pemilu 2019, pada Minggu (12/5).

Direncanakan ada tiga provinsi yang akan membacakan hasil rekapitulasi suara, dimulai pukul 13.00 WIB, diantaranya, Bengkulu.

“Ya hari ini nanti, kita dari KPU Provinsi Bengkulu direncanakan menyampaikan hasil rekapitulasi suara tingkat provinsi dalam rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara tingkat nasional dalam negeri dan penetapan hasil Pemilu 2019,” ungkap anggota Divisi Hukum KPU Provinsi Bengkulu, Eko Sugianto SP, M.Si, ketika dihubungi, pagi Minggu (12/5).

Dari informasi yang diperoleh, selain Bengkulu juga akan ada Kalimantan Barat (Kalbar) dan Kalimantan Selatan (Kalsel), yang membacakan hasil rekapitulasinya. “Dalam rapat pleno KPU RI, kita (KPU Provinsi Bengkulu, red) akan sampaikan hasil pleno provinsi model DC untuk pasangan Capres dan Cawapres, DPR RI dan DPD RI,” kata Eko.

Dari data pleno KPU Provinsi Bengkulu sebelumnya, pasangan Capres dan Cawapres, nomor 01, Joko Widodo-KH. Ma’ruf Amin sebanyak 563.458 suara. Sedangkan pasangan Capres dan Cawapres nomor 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno sebanyak 565.999 suara.

Sementara, untuk parpol bersama Caleg tingkat pusat (DPR RI) dari Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Bengkulu urutan empat besar yang memperoleh suara terbanyak, pertama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), meraih total 137.006 suara, dengan caleg yang memperoleh suara terbanyak Elva Hartati mendapatikan suara 44.711 suara. Lalu kedua, Partai Golongan Karya (Golkar), dengan total 136.581 suara, dengan Caleg yang memperoleh suara terbanyak, M. Saleh sebanyak 66.536 suara. Kemudian ketiga, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dengan total 130.846 suara, dengan caleg memperoleh suara terbanyak Susi Marleny Bachsin sebanyak 36.741 suara. Selanjutnya keempat, Partai Amanat Nasional (PAN), dengan meraih total sebanyak 121.990 suara,dan caleg suara terbanyak Dewi Coryati sebanyak 54.830 suara. Disamping itu, untuk Calon Anggota DPD RI yang memperoleh suara terbanyak empat besar, yakni, pertama, Sultan B Najamuddin, sebanyak 191.499 suara. Setelah itu, Ahmad Kanedi dengan 156.594 suara. Lalu Riri Damayanti meraih 123.934 suara. dan Eni Khairani memperoleh 109.295 suara.

Untuk diketahui, rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara tingkat nasional dalam negeri dan penetapan hasil Pemilu 2019 sudah digelar sejak Jumat (10/5). Dimana lima provinsi yang telah membacakan hasil rekapitulasi suara, yaitu, Bangka Belitung dan Bali. Lalu hari ini Gorontalo, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *