Gub Rohidin Minta Jalan Rusak Diperbaiki Sebelum Lebaran

Ekonomi & Bisnis Featured Hukum & Kriminal Pemda Provinsi Politik Sosial & Budaya

RBO, BENGKULU – Pasca bencana alam terjadi, beberapa ruas jalan menjadi hancur akibat tanah longsor. Dalam hal ini perbaikan jalan rusak di Bengkulu, akan diupayakan Pemprov setempat tuntas sebelum angkutan mudik Lebaran 2019 di daerah ini.

Disampaikan Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah, pihaknya telah meminta Dinas PUPR Provinsi Bengkulu untuk memprioritaskan perbaikan jalan yang rusak akibat bencana alam tersebut. Ia mengatakan, ada sejumlah titik jalur mudik di Bengkulu, yang mengalami kerusakan ringan dan kerusakan tersebut akan dilakukan perbaikan oleh Dinas PUPR Provinsi Bengkulu.

“Ada jalan lintas barat (jalinbar) yang menghubungkan Bengkulu-Lampung dan Bengkulu-Padang, Sumbar yang mengalami kerusakan sudah diminta ke pihak Balai Bina Marga, Kementerian PUPR wilayah Bengkulu untuk dilakukan perbaikan, sehingga lubang kecil dan besar yang ada di jalinbar tersebut tertutup sebelum pelaksanaan angkutan mudik di daerah ini berlangsung,” ujarnya kemarin Selasa (14/05).

Rohidin menambahkan, secara umum kondisi jalan provinsi dan nasional di Bengkulu, yang menjadi jalur angkutan mudik Lebaran 2019, dalam kondisi baik, hanya ada beberapa titik saja kondisi agak rusak. Namun, kondisi jalan yang ini tidak terlalu mengganggu kelancaran arus mudik di Bengkulu, yang diperkirakan akan berlangsung pada akhir Mei mendatang, karena badan jalan rusak tidak terlalu panjang. Meski demikian, Pemprov Bengkulu akan berusaha meminta Dinas PUPR setempat agar jalan yang rusak ringan dapat ditangani sebelum berlangsung angkutan Lebaran yang akan dilaksanakan pada akhir Mei hingga awal Juni mendatang.

“Jadi, kondisi jalan di Bengkulu, siap menghadapi angkutan mudik 2019. Sebab, kondisi jalan yang menjadi jalur angkutan mudik di Bengkulu, dalam kondisi baik dan meski ada yang rusak segera diperbaiki sebelum angkutan mudik dilaksanakan,” ujarnya.

Dimana kondisi jalan provinsi yang menghubungan Kota Bengkulu dengan sejumlah kabupaten lain di daerah ini, sampai saat ini dalam kondisi bagus. Hanya saja ada kerusakan sedikit di beberapa titik, tetapi kerusakan ini tidak mengganggu kelancaran angkutan mudik di Bengkulu. Demikian pula kondisi jalinbar, baik ruas Bengkulu-Lampung maupun Bengkulu-Padang dalam kondisi baik. Meskipun ada jalan rusak hanya pada ruas Tais-Talo, di Kabupaten Seluma. Sedangkan ruas Bengkulu-batas Lampung dalam kondisi bagus.

Sebelumnya Kepala Dinas PUPR Bengkulu, Mulyani mengatakan, masalah angkutan Lebaran di Bengkulu, tidak ada masalah karena kondisi jalan yang akan dilalui pemudik saat ini dalam kondisi baik. Meski ada jalan yang rusak dan berlubang akan diupayakan ditutup sebelum angkutan mudik 2019 dilaksanakan di daerah ini. “Yang jelas, kita siap menyukseskan angkutan mudik 2019 di Bengkulu,” singkatnya. (Bro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *