Mohon Doa & Dukungan, IAIN Segera Jadi UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu

Featured Pemda Provinsi Pendidikan Politik

Akan Diresmikan Presiden Jokowi

RBO, BENGKULU – Mohon doa dan dukungan. Selangkah lagi IAIN Bengkulu akan menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Soekarno Bengkulu. “Bengkulu mencoba memancing agar moratorium alih status IAIN jadi UIN itu dibuka. Ketika pak Presiden Jokowi datang ke Bengkulu, Saya pertemukan dengan pak Menteri Agama waktu itu. Lalu baru tiga minggu yang lalu sebelum puasa, pak Gubernur Rohidin dan Dirjen Pendidikan Agama Islam (Pendis) Kementerian Agama saya pertemukan lagi. Ya setelah itu alhamdulillah moratorium alih status IAIN jadi UIN terbuka. Sehingga kita langsung diundang dan kita sudah persentase semua. Kita tinggal lengkapi yang belum persoalan administrasi. Dari Kemenag sudah oke, Insya Allah tahun ini kita sudah disetujui dan segera diproses Menteri Pemberdayaan Aparatur Sipil Negra RI,” terang Rektor IAIN Bengkulu Prof. Sirajuddin M, M.Ag, MH saat ditemui radarbengkuluonline.com kemarin.

Rektor mengatakan, dicabutnya moratorium peningkatan status sekarang ini ibarat main bola. Bolanya sudah ada didepan gawang, tinggal dimasukan ke gawang saja. Terkait pemberian nama UIN Fatmawati Soekarno, Prof Sirajuddin menceritakan dan menjelaskan secara singkat.

“Kemarin saya sudah buka puasa bersama bibiknya Ibu Mega Wati, yakni Ibu Hilda, Adeknya ibu Fatmawati. Disana saya sambutan, alhamdulillah kita sampaikan niat baik kita. Dan pemberian nama Fatmawati Soekarno ini juga sudah sampai dengan Presiden ke 5 Indonesia, yaitu Ibu Megawati Soekarno Putri dan bapak Guruh Soekarno Putra. Dan alhamdulillah terkait nama ibu keluarga Soekarno dan Fatmawati sudah setuju semua. Ya, pemberian nama Ibu Famawati, Ibu Fatmawati ini bukan milik orang Bengkulu lagi, tapi milik sudah milik nasional. Milik bangsa Indonesia. Tentunya kita ingin mengabadikan nama beliau dalam konteks perguruan tinggi. Nama Bung Karno sendiri sudah ada di Universitas. Ditanah kelahiran Beliau ini ada universitas Islam.
Dahulu dalam sejarahnya, Bung Karno ini menginginkan Kota Bengkulu sebagai kota Religius dan menjadi Kota Pelajar,” sampai Rektor.

Rektor mengatakan, insya Allah tahun ini peningkatan status itu diresmikan. Peresmian UIN Fatmawati Soekarno nantinya akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. (ae2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *