Bunga Bangkai Raksasa Ikut Meriahkan Lebaran di Mukomuko

Featured Mukomuko

RBO >>   MUKOMUKO  >>  Bunga Bangkai raksasa alias Amorphophallus titanum atau dikenal juga dengan sebutan bunga Kibut diinformasikan kembali tumbuh di Kecamatan Selagan Raya, Kabupaten Mukomuko. Tepatnya di kawasan Air Terjun Saung Harimau Desa Talang Buai.

Menurut salah satu Pemuda Selagan Raya, Imron yang juga aktivis lingkungan mengatakan, bunga Bangkai raksasa diketahui tumbuh baru sepekan ini. Tepatnya saat Liburan Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah.

“Sudah banyak juga orang yang melihatnya. Mungkin karena bertepatan dengan Libur Lebaran, orang-orang sedang ramai-ramai berwisata. Tumbuhnya Bunga Bangkai ini menjadi wisata alternatif. Apalagi lokasi tumbuhnya tidak terlampau jauh dari wisata Air Terjun,” beber Imron dikonfirmasi kemarin.

Menurutnya, saat ini, bunga sudah setinggi sekitar 1,5 meter. Dengan kelopak buang masih menguncup. Ia memperkirakan sepekan lagi, bunga akan mekar. Tambahnya, bunga ini biasanya masa mekar sempurnanya selama satu Minggu.

Ia berharap, para pengunjung tetap menjaga tumbuh dan kembang bunga Bangkai itu sampai mekar sempurna dan layu dengan sendirinya. Kalaupun mau berswafoto, sebisa mungkin jangan sampai menyentuh bagian bunga. “Apalagi kalau merusaknya. Jangan sampai,” pesan Imron.

Kata Imron lagi, kerapnya tumbuh Bunga Bangkai di kawasan Air Terjun di Desa Talang Buai, Kecamatan Selagan Raya itu menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung bertambah ketika ada bunga bangkai tumbuh.

“Memang air terjun ini jauh dari pusat kota. Pengunjung memang masih sepi. Tapi beda saat ada bunga Bangkai mekar, pengunjung ramai datang dari berbagai kecamatan,” pungkasnya. (sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *