Rama Agung Dahulukan Penguatan Kelembagaan dan SDM Desa

Bengkulu Utara Featured

RBO  >>   ARGA MAKMUR  >>   Pemdes Rama Agung adalah satu dari 14 desa dan 2 Kelurahan yang ada di Kecamatan Kota Arga Makmur yang merupakan Ibukota Bengkulu Utara (BU). Desa yang saat ini dipimpin Kadesnya Putu Suriade tersebut, memiliki penduduk yang beragam latar belakang ttnis, agama dan budaya, sehingga sebutan miniaturnya Indonesia paling cocok bagi Desa Rama Agung.

      Saat ini Pemdes dan warga Rama Agung sedang giat-giat memoles wajah desa mereka dengan pembangunan. Baik yang bersumber dari APBDes,APBD BU,Provinsi bahkan APBN.

      Menurut Kades Putu Suriade saat ditemui RADAR BENGKULU di ruang kerjanya kemarin, di samping pembangunan fisik sarana prasarana maupun infra stuktur Desa,Pemdes juga melakukan pembangunan Sumber Daya Manusia di Desa,agar dapat lebih memberikan kontribusi secara positif dalam membangunan dan memajukan desa mereka. ‘’Kita bukan menjadikan warga sebagai objek pembangunan belaka, akan tetapi mengedepankan peran SDM desa sebagai tulang punggung dan pelaku bagi kemajuan di desa ini,’’ujarnya.

       Untuk mengimplikasikan hal ini secara nyata, Pemdes memprioritaskan realisasi APBDes tahap I ini dengan mendahulukan kegiatan peningkatan kapasitas kelembagaan dan kelompok yang ada di desa lewat kegiatan pemberdayaan masyarakat desa. ‘’Untuk tahap I ini semua kegiatan kita adalah pemberdayaan. Nanti tahap 2 dan tahap 3 kita baru melakukan pembangunan bersifat fhisik ,’’tutur Putu.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan Pemdes pada Tahap I ini meliputi,Pelatihan Pengelolaan BUMDes,Pembiayaan Penyertaan Modal BUMdes. Selanjutnya peningkatan kapasitas dan daya dukung pelaksanaan Linmas dan Bimtek atau Pelatihan Teknologi Tepat Guna(TTG) berupa Pupuk Kompos pertanian. Selanjutnya pelatihan penguatan perempuan dalam program PKK, pendampingan peningkatan kapasitas perangkat desa dalam pengoperasian Siskeudes .

      ‘’Begitu pula dengan penyelenggaraan Posyandu, cetak papan informasi desa di 9 titik dalam Desa Rama Agung, bagian dari realisasi APBDes Tahap I ini,’’ ujarnya.(bri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *