Ingin Penghasilan Tambahan, Jadikan Rumah Kita Sebagai Homestay

Featured Pariwisata Pemda Provinsi

RBO >>  BENGKULU  >>   Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Irsan Setiawan melirik potensi besar dari homestay untuk wisatawan domestik dan mancanegara di Bengkulu. Ada peluang dan pendapatan tambahan besar terjadi jika masyarakat sekitar destinasi wisata menjadikan rumah tempat tinggalnya sebagai homestay.

“Ketersediaan homestay punya potensi menambah penghasilan bagi masyarakat itu sendiri, bagi daerah dan negara ini.  Di Kaur contohnya, Pantai Laguna dan pantai-pantai disekitarnya itu sangat indah sekali. Namun disana akomodasi penginapan masih kurang. Disanalah peluang masyarakat untuk rumahnya sebagai homestay wisatwan. Ya… jadi masyarakat jangan ragu untuk menyewakan rumahnya kepada wisatawan yang ingin nginap.

Lalu saya contohkan lagi, seperti di Papua misalkan, di Raja Ampat, disitu tidak ada hotel berbintang. Yang ada homestay. Tapi kenapa rame? Karena masyarakatnya terpanggil mendukung ini. Kalau disetiap kabupaten kita dirikan hotel bintang rasanya tak mungkin, maka dari itu kita ajak masyarakat disini, kita berikan pelatihan pengelola homestay disini. Agar mereka mendapatkan wawasan, gambaran tentang pengelolaannya yang tepat dan berdaya saing. Melalui pelatihan  inilah kita gerakan hati masyarakat bisa menarik wisatawan dengan apa adanya,” kata Kadispar Prov, Irsan Setiawan disela kegiatan pelatihan pengelola homestay (13/6).

Irsan juga menuturkan, pelatihan pengelola homestay ini berkaitan juga dengan wondeful Bengkulu. Homestay ini adalah tempat alternatif selain hotel atau juga bisa jadi sebagai cara lain bagi wisatawan untuk menginap.

“Melalui kegiatan terprogram inilah, kita pemerintah Provinsi Bengkulu menawarkan kepada masyarakat agar masyarakat dapat berperan, terlibat langsung khususnya masyarakat yang berada dilingkup destinasi wisata,” katanya.

Harapan Pemprov tinggi sekali agar masyarakat sekitar destinasi wisata dapat menyiapkan homestay yang dikelola secara profesional. Sehingga walaupun bukan penginapan dikelas bintang , wisatawan itu bisa merasa nyaman. Ada rasa kenyamanan mereka dalam rangka menikmati keindahan Bengkulu.

Sementara itu, Sekda Provinsi Bengkulu H Nopian Andusti, MT yang membuka langsung pelatihan tersebut mengatakan, pengelola homestay ini harus betul-betul bisa manfaatkan wonderful Bengkulu ini dengan jadi pengelola yang professional, agar wiswatan berkesan dengan Bengkulu. Homestay ini salah satu faktor penunjang destinasi wisata. Pesan saya, kelola homestay dengan baik, sediakan tempat sampah agar selalu bersih. Sediakan aiar untuk sanitasi mereka dan harus informatif kepada wisatawan. (ae2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *