Songsong Pilkada, KPU Usulkan Dana Rp 25 M, Bawaslu Rp 17 M

Featured Seluma

RBO  >>   SELUMA  >>   Tahapan Pilkada Seluma sudah dekat. Guna menyongsong pesta rakyat di tahun 2020 itu, KPU dan Bawaslu sudah mulai merancang kebutuhan dana yang ada.  Hal tersebut terkuak pada rapat koordinasi Pemda Seluma dengan instansi terkait yang dihadiri KPU, Bawaslu, di Aula Bappeda Seluma, Rabu (13/6).

Rapat pembahasan rancangan anggaran biaya tersebut dipimpin langsung Asisten III Setkab Seluma, Marhakidinata, S.P.d. “Untuk Pilkada 2020 mendatang, akan dianggarkan dana hibah murni dari APBD Seluma. Sedangkan dana sharing dari APBD Provinsi belum diketahui secara pasti jumlahnya,” kata Asisten III Pemkab Seluma, Marhakidinata, S.Pd, Rabu (13/6).

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Seluma, Sarjan Effendi, SE, mengatakan, estimasi kebutuhan anggaran Pilkada mencapai Rp 25 Miliar. Sedangkan Ketua Bawaslu Yefrizal, SE mengusulkan anggaran yang telah dirasionalkan mencapai Rp 17,9 Miliar. “Usulan yang kita sampaikan mencapai Rp 25 Miliar,” sampai Sarjan.

Dibagian lain, sejumlah instansi terkait juga mengusulkan dana yang dibutuhkan. Salah satunya, Badan Kesbangpol Seluma yang mengusulkan anggaran dana mencapai Rp 800 jutaan dan usulan kendaraan operasional double gardan. Sedangkan Satpol PP mengusulkan anggaran mencapai Rp 400 jutaan.

Nantinya, seluruh usulan anggaran yang diusulkan masing-masing instansi tersebut akan dikaji ulang oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sesuai kemampuan keuangan daerah.

Namun Menurut Sekretaris BPKD Seluma, Suprapto, SE pihaknya akan membandingkan kebutuhan anggaran Pilkada yang akan datang dengan Pilkada 2015 lalu, yakni KPU hanya Rp 10,3 M. Sedangkan Bawaslu hanya Rp 3,5 M. Termasuk usulan instansi terkait lainnya. (0ne).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *