Ini Dia Prediksi Cagub Bengkulu Mendatang

Featured Pemda Provinsi Politik

Tiga Srikandi Bakal Maju

RBO  >>   BENGKULU  >>   Kendati pelaksanaan Pilkada Gubernur Bengkulu masih belum dimulai, namun dari lembaga Link Survey Association (LSA) telah memprediksikan beberapa nama tokoh masyarakat Provinsi Bengkulu yang berpotensi maju dalam Pilkada Gubernur mendatang. Dari belasan nama yang diprediksi, tiga diantaranya merupakan srikandi para politisi perempuan Bengkulu. “Meskipun tahapan Pilkada serentak baru akan dimulai pada Bulan September tahun ini, sebagaimana diumumkan oleh KPU pusat, namun dari konstalasi pergerakan politik di daerah saat ini, sudah muncul beberapa nama yang menurut prediksi kami besar kemungkinan akan maju dalam Pilgub mendatang,” ungkap Direktur LSA H. Muchdimon Muchlis M.Si, Jumat (14/6).

Dijelaskan oleh Dimon — panggilan akrabnya — selain petahana Dr H. Rohidin Mersyah MMA, dia melihat mantan Gubernur Agusrin M Najamuddin serta H. Junaidi Hamsyah juga berpeluang maju Pilgub. Selain itu ada nama besar Bupati Musi Banyu Asin H. Dodi Reza Alex Noerdin yang nampaknya sudah mulai melakukan pendekatan politik seperti kepada PKB terkait rencananya maju Pilgub Bengkulu. Lalu juga ada nama besar mantan Ketum NasDem Ir H. Patrice Rio Capella yang saat Pileg tahun 2014 lalu merupakan Caleg DPR RI peraih suara terbanyak dari Bengkulu.
Lalu ada Bupati Lebong dua periode H. Rosjonsyah, Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan SE, mantan Bupati Rejang Lebong H. Suherman SE, MM, Rektor Unihaz Dr Yulfiperius, dan mantan Calon Walikota Bengkulu David Suardi.

“Selain itu, ada tiga nama srikandi yang merupakan para politisi perempuan Bengkulu. Yakni Hj. Leni Haryati John Latief SE, M.Si, lalu Emilia Puspita SH atau Ita Jamil yang baru saja ikut meramaikan bursa Calon DPD RI Dapil Bengkulu namun belum berhasil, serta ada Caleg DPR RI Golkar, Alisya Fianne Janne SE,” jelasnya.

Jika mengacu pada persyaratan untuk maju menjadi Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur dari jalur Partai Politik (Parpol), minimal Paslon diusung oleh Sembilan kursi DPRD Provinsi Bengkulu. Jika 45 kursi DPRD dibagi Sembilan, artinya berpeluang lima Paslon diusung oleh Partai Politik. Kemudian ditambah dua Paslon dari jalur independen dengan syarat menyerahkan dukungan fotocopy KTP masyarakat.

“Saat ini, dari Parpol kita lihat masih fokus untuk menyelesaikan Pileg dan Pilpres. Sebab itu, bagi para kandidat yang ingin mendapatkan dukungan Parpol bisa mulai bergerak dari sekarang guna mengamankan perahu. Sedangkan untuk David Suardi maupun Ita Jamil, keduanya telah berpengalaman maju mengikuti kompetisi pemilu lewat jalur independen,” tukas Dimon.

Sebelumnya dari David Suardi sendiri, dia pernah menyatakan bersiap maju Pilkada Gubernur Bengkulu lewat jalur independen. “Saat ini, kami mulai bergerak dan mengumpulkan fotocopy KTP dukungan agar dapat mau Pilgub lewat jalur independen,” kata David.(idn)

PREDIKSI CALON GUBERNUR/WAKIL GUBERNUR BENGKULU

1. Dr H. Rohidin Mersyah MMA
2. Agusrin M Najamuddin
3. Ir Patrice Rio Capella SH, M.Kn
4. H. Dodi Reza Alex Noerdin
5. Dr Yulfiperius
6. H. Junaidi Hamsyah M.Pd
7. H. Rosjonsyah Syahili
8. H. Suherman SE, MM
9. H. Helmi Hasan SE
10. David Suardi
11. Emilia Puspita SH
12. Hj. Leni Haryati John Latief SE, M.Si
13. Alisya Fianne Janne SE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *