BI Bengkulu Kembangkan Komoditi Lokal Bernilai Ekspor,

Ekonomi & Bisnis Featured

Kalamansi, Kopi & Gula Semut

RBO >>  BENGKULU – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu saat ini tengah kembangkan potensi lokal bernilai ekspor. Tiga komoditi tersebut yakni Kopi, Hasil Olahan Jeruk Kalamansi dan Kopi Bengkulu.

“Ya kami upayakan tiga komoditi itu karena sangat potensial untuk dikembangkan. Dan juga akan berdampak positif bagi perekonomian daerah. Sebagai contoh pada komoditi kopi, saat ini kita sudah tempatnya di Sindang Dataran, Kepahiang. Kita kembangkan kopi Bengkulu terbaik dari sana. Kemudian untuk gula semut, sudah kita kaji dan analisa. Produktifitas dan produksi komoditi ini banyak di jumpai di Kabupaten Rejang Lebong. Untuk Gula Semut ini kita akan melakukan capacity building di Serang untuk para pengeolah gula semut. Kita akan belajar kesana karena cara pembuatannya sangat mirip dengan kita Bengkulu. Dari situ  kita akan replikasi produk mereka, cara pengkemasannya dll. Tujuan negara ekspor kita pun jelas. Yakni Belanda dll,” terang Deputi Kepala Perwakilan BI Bengkulu Rif’at Pasha.

      BI optimis sekali dengan bergeraknya perkembangan Provinsi Bengkulu. “Pelabuhan Pulau Baai tengah dikembangkan. KEK nya ada. Kemudian dari sisi distribusi lewat darat kita juga akan hebat dengan adanya Jalan TOL Bengkulu- Lubuk Linggau dan Bandara Fatmawati yang akan dikelola Angkasa Pura dan jadi Bandara Internasional. Jika itu semuanya berjalan baik, maka akan dapat meningkatkan ekonomi Bengkulu senilai 0,6 persen pertahun,” terangnya.(ae2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *