Musda IX DPD REI Dinilai Cacat, Ketua Terpilih Mengundurkan Diri

Ekonomi & Bisnis Featured Pemda Provinsi Politik

Fikri Thobari : Kita Sampaikan Mosi Tidak Percaya

RBO, BENGKULU – Dari pelaksanaan Musda ke IX DPD REI Provinsi Bengkulu yang telah dibuka secara resmi oleh Gubernur Dr H. Rohidin Mersyah ternyata saat Musda berlangsung dinilai oleh salah satu kandidat Calon Ketua DPD REI Provinsi Bengkulu, M. Fikri Thobari SE yang menyatakan diri Walk Out (WO) dari arena Musda. Musda cacat secara hukum, kemudian ketua terpilih juga akhirnya menyatakan mengundurkan diri meskipun telah terpilih sebelumnya.

“Jadi, saya selaku salah satu kandidat calon Ketua DPD REI Provinsi Bengkulu tadi malam menyatakan WO saat Musda masih berlangsung. Karena menurut penilaian saya, Musda kali ini berjalan cacat hukum,” ungkap M. Fikri Thobari saat ditemui masih berada di Grage Bengkulu, Selasa (25/6).

Dijelaskan oleh Fikri, kenapa cacat hukum? Karena dari rangkaian musda yang harusnya diikuti oleh anggota ataupun peserta musda yang memiliki hak ternyata musda kali ini, ada sebanyak 18 anggota DPD REI yang mengikuti Musda. Tapi tidak memiliki hak sebagai peserta. “Jadi Musda ini kami nilai cacat secara hukum. Dan kami, saya bersama rekan-rekan anggota DPD REI lainnya, dimana 50 persen plus satu menyatakan sikap mosi tidak percaya terhadap Musda IX yang telah dilaksanakan,” jelasnya.

Anggota DPD REI Provinsi Bengkulu itu, sebenarnya berjumlah 145 seperti yang disampaikan dalam Tatib kemarin. Dan itu sudah disahkan dalam arena Musda. Tetapi kemudian hanya sebanyak 127 anggota yang diputuskan oleh DPP diakomodir sebagai peserta. “Sebab itu, saya sudah katakan sedari awal, untuk peserta ini diregistrasi dulu agar terdaftar sebagai peserta dan dilegalkan oleh DPP. Sementara yang hadir itu sebenarnya 145 peserta, ini yang menurut kita cacat hukum. Selain itu dari rekaman video saat sambutan ketua terpilih DPD REI Provinsi Bengkulu, Kak Taman SE, dimana saya memanggil dia itu kakak, dia telah menyatakan sikap mengundurkan diri dari Ketua DPD REI Provinsi Bengkulu. Dan untuk sementara sesuai dengan AD ART kita, untuk posisi Ketua DPD REI diambil alih oleh Wakil Ketua I, untuk selanjutnya kami usulkan Musda ulang ataupun Musda Luar Biasa,” papar Fikri.

Sebelumnya diketahui dalam Musda ke IX DPD REI Provinsi Bengkulu kali ini, salah satu agendanya adalah pemilihan Ketua. Dimana untuk Calon Ketua ada petahana Taman SE. Kemudian satu calon ketua lagi yaitu M. Fikri Thobari SE. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *