10.000 Nelayan Tradisional Terima Asuransi Gratis

Ekonomi & Bisnis Featured Hukum & Kriminal Lingkungan Pemda Provinsi Sosial & Budaya

RBO, BENGKULU – Sebanyak 10.000 Nelayan Tradisional yang tersebar di Provinsi Bengkulu akan menerima asuransi gratis dalam. “Program Lindungi Nelayan Ku” yang digagas oleh jajaran Polda Bengkulu. Kemarin Rabu (26/06) launching dilakukan langsung oleh Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs Supratman, MH.
Disampaikan oleh Kapolda Bengkulu, gagasan ini melihat kerja keras para nelayan tradisional dalam kesehari hariannya. Selain melihat faktor ekonomi juga menilai keselamatan jiwa bagi para nelayan yang ada di Bengkulu. Menurutnya para nelayan saat ini perlu diberikan sentuhan langsung dari Pemerintah serta jajaran terkait.
“Selama ini mungkin tidak ada program itu, sekarang seluruh nelayan tradisional sudah mendapatkan asuransi. Namun harapan kita ini tetap menjaga kesejahteraan para nelayan, karena usaha mereka melawan ombak sangat lah berat,” ujarnya kemarin. Bantuan tersebut berasal dari dana CSR perusahaan BUMN dan Swasta yang ada di Bengkulu. Kapolda berharap program ini dapat berkelanjutan kedepannya.
“Ini hanya khusus nelayan tradisional, kita berharap tetap berkelanjutan nantinya tentunya juga kita berkeinginan nelayan yang lain juga mendapatkan namun harus ikut aturan. Selain itu bantuan juga dari dana CSR perusahaan,” lanjut Kapolda.
Sementara itu, Kepala Kantor PT Jasindo Cabang Bengkulu, Muhammad Mudhofir mengatakan untuk tahap pertama bantuan diberikan sebanyak 2 ribu nelayan tradisional. Namun target nantinya akan diberikan 10 ribu. Para nelayan ini menerima bantuan asuransi jiwa dengan meninggal dunia sebanyak Rp 50 juta. Sementara itu, untuk cacat tepat diberikan santunan bantuan sebesar Rp 25 juta. “Angsuran biaya ini diberikan dari anggaran CSR perusahaan sebesar Rp 75 ribu, untuk saat ini kita sudah data pihak nelayan untuk tahap pertama dengan target nantinya sebanyak 10 ribu nelayan,” ungkapnya.
Terpisah disampaikan perwakilan nelayan tradisional Bengkuli, Rahmat Syah atau akrap disapa Ujang Joker mengatakan selain para nelayan asuransi ini juga diberikan terhadap para pedagang ikan yang ada. Ia pun menambahkan, saat ini keselamatan para nelayan sangat perlu diperhatikan bersama terlebih lagi jika cuaca ekstrim tiba.
“Ini untuk nelayan tradisional saja, dari data ini terhitung dari keluarga bukan satu kepala keluarga atau satu kapal. Kami juga sangat berterimkasih dengan pihak Polda Bengkulu serta perusahaan yang sudah membantu kita,” pungkasnya.
Jajaran yang ikut terlibat dalam bantuan asuransi ini diantaranya PT Pelindo Cabang Bengkulu, PT Jasa Asuransi Indonesia Cabang Bengkulu dan Asosiasi Perusahaan Batu Bara Bengkulu.(Bro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *