Bapak-Bapak Ogah Pasang Alat Kontrasepsi

Featured Mukomuko Peristiwa Sosial & Budaya

RBO, MUKOMUKO – Sejak 2018 hingga Juni 2019 ini, alat kontrasepsi yaitu vaksetomi yang tersedia di Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Mukomuko tidak laku. Dimana alat kontrasepsi ini diketahui khusus untuk pria.

“Sejak 2018 sampai sekarang tidak ada bapak-bapak yang pasang kontrasepsi vaksetomi. Padahal banyak tersedia di dinas,” kata Kadis P2KBP3A Mukomuko, Edi Yanto, SH. Kemarin.

Jika ada masyarakat yang mendaftarkan diri untuk pemasangan alat kontrasepsi ini pasti difasilitasi. Sayangnya belum ada yang mendaftar.

Vasektomi merupakan salah satu upaya dari pemerintah untuk membantu pengendalian penduduk dan menekan jarak angka kelahiran anak. Yang mana sasaran pesertanya adalah kaum bapak-bapak. Selama ini yang dikenal masyarakat hanya wanita atau ibu-ibu yang ikut KB.

Katanya pihaknya akan lebih menggalakkan alat kontrasepsi vasektomi supaya dapat diminati kaum pria dengan terus memberikan penyuluhan kepada masyarakat.

“Kita akan terus sosialisasikan supaya vaksetomi ini lebih dikenal. Menggunakan vasektomi tidak membahayakan,” pungkasnya. (sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *