Pelajar Kaur dan MM Ikut Lasenas

Featured Kaur Mukomuko Pendidikan

RBO, BENGKULU – Sebanyak enam peserta dari tiga Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Bengkulu akan diberangkatkan mengikuti Lawatan Sejarah Nasional (Lasenas) 2019 di Provinsi Sumatera Utara. Dari 6 tersebut merupakan 3 pelajar jajaran SMA sederajat dan 3 guru pendamping. Sebelumnya para peserta ini mengikuti kegiatan Lawatan Sejarah Daerah (Laseda) yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatera Barat di Kota Bengkulu.

Disampaikan Suarman selaku Kepala BPNB Sumatera Barat mengaspirasi para pelajar dan guru terbaik untuk mengikuti kegiatan yang berlangsung pada 8 Juli hingga 12 Juli mendatang. Ia juga berharap agar seluruh peserta dapat terus mempelajari sejarah dan budaya yang ada sebagai potensi wawasan peninggalan daerah.

“Kita ingin sebanyak 70 orang peserta Laseda 2019 ini bisa terus mempelajari dan mengajarkan sejarah di daerahnya masing-masing,” kata Suarman saat menghadiri acara penutupan Laseda 2019 di Hotel Wedika Kota Bengkulu, kemarin Jumat (28/6).

Ia mengaku, banyak hal yang dapat dipelajari oleh para peserta, seperti mengenal sejarah daerahnya masing-masing dan menulisnya menjadi sebuah tulisan. Kemudian tulisan tersebut disampaikan kepada semua orang agar semakin banyak yang paham akan Sejarah daerahnya.

“Tidak hanya sejarah daerahnya, kalian juga bisa menulis tentang sejarah pakaian adat masing-masing daerah, kenapa pakaian adat tersebut tidak dipakai lagi dimasa kini, harus kalian cari tahu sejarahnya, dan disampaikan ke banyak orang,” ujar Suarman.

Dengan rajin menulis sejarah, maka secara langsung telah mencintai bangsanya. Karena tidak ada bangsa yang besar tanpa mencintai sejarah dan budayanya sendiri. “Kita harapkan para peserta dapat mempelajari sejarah dan menjadikan sejarah sebagai bagian dari kegiatan mempererat keberagaman ini menjadi kunci persatuan kita,” sampai Suarman. Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Raden Wahyu M.Si mengaku, sangat bersyukur karena kegiatan Lesada di Bengkulu bisa berjalan dengan baik dan sukses. Pihaknya berharap pada Lesada berikutnya bisa semakin baik lagi.Seperti diketahui, 6 orang peserta dari 50 siswa dan guru pendamping yang akan mengikuti kegiatan Lasenas 2019 di Medan yaitu dari MAN 2 Padang, SMA Negeri 3 Mukomuko, SMA Negeri 10 Kaur Pentagon, dan SMA Negeri 2 Unggulan Sekayu. (Bro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *