8 Anak Muda Kepahiang Ikut Pelatihan Budidaya & Pengolahan Kopi di Jatim

Featured Kepahiang

RBO  >>>  KEPAHIANG  >>>   Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang saat ini terus berupaya mengembangkan usaha petani kopi di wilayah Kabupaten Kepahiang. Sebanyak 8 orang petani kopi yang sudah memiliki Unit Pengolahan Hasil (UPH) kopi di Kepahiang, kemarin diberangkatkan mengikuti pelatihan budidaya dan pengolahan kopi di Pusat Pelatihan Pengolahan Kopi dan Kakao Indonesia di Jawa Timur.

            Kepala Dinas Pertanian Kepahiang, Hernawan, S.PKP, melalui Kabid Perkebunan, Deva Yurita Ambarini, SP menjelaskan, mereka yang diberangkatkan mengikuti pelatihan ini pertama petani yang sudah punya UPH kopi atau sudah mengembangkan kopi bubuk dan lain sebagainya di wilayah Kabupaten Kepahiang ini. “Kalau dikatakan kriteria petani yang diberangkatkan sebenarnya tidak ada. Yang jelas mereka diberangkatkan ini tidak hanya sekadar membudidaya kopi, tetapi mereka juga sudah punya usaha pengolahan kopi sendiri,”jelasnya.

            Sambungnya, dalam pelatihan itu mereka diberi ilmu terkait dengan penyajian kopi, penyeduhan kopi, dan lain sebagainya. Jadi, mereka yang sudah bisa mengolah kopi ini, tidak hanya menjual produk saja. Tetapi mereka juga bisa memberikan edukasi tersendiri dalam pengolahan kopinya. “Supaya orang yang membeli kopi mereka tahu, bahwa kopi ini berasal dari mana, komposisinya berapa. Karena kopi yang sudah mereka olah punya khas tersendiri,”imbuhnya.

            Dia berharap, dengan adanya pelatihan ini, petani kopi yang sudah punya UPH bisa mengembangkan dan mengemas kopi asli Kabupaten Kepahiang lebih baik dan berkualitas lagi. Sehingga banyak diminati orang. “Orang yang kita berangkatkan ini kebanyakan anak-anak muda. Karena nama pelatihan ini merupakan pelatihan Barista, manajemen cafe, dan kopi brewing, pelatihannya berlangsung 4 hari mulai dari tanggal 24 Juli hingga 27 Juli,”demikian.(ide)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *