Gubernur Rohidin Minta Orang Tua Rajin Bawa Anak ke Posyandu

Featured Pemda Provinsi

Lomba Balita Sehat: Berikan Nutrisi, Gizi dan Kasih Sayang pada Anak

RBO  >>   BENGKULU  >>   Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA sangat mengapresiasi lomba Balita Sehat tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2019. Gubernur meminta agar para orang tua menyiapkan dengan baik periode emas anak dari hamil hingga usia 59 Bulan dengan rajin datang ke Posyandu.

“Saya menilai sangat produktif sekali lomba Balita Sehat ini. Semua Balita yang rajin ke Posyandu se Provinsi Bengkulu mendapatkan penilaian dari petugas. Besar sekali manfaatnya datang ke Posyandu ini. Bila rajin ke Posyandu akan terpantau tumbuh kembang Bayi. Lalu, para ibu mendapatkan informasi terkait pola asuh dan pemenuhan gizi baik sesuai standar kesehatan untuk anak. Dengan begitu kita menyelamatkan, menghindari anak dari Stunting (gagal tumbuh). Dari itu, maka akan tercipta generasi muda Bengkulu kedepan yang sehat, kuat, cerdas dan psikisnya yang baik,” kata Gubernur usai menghadiri Lomba Balita Sehat 2019 (28/6).

ADIT/RBO
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulku foto bersama dengan para pemenang lomba Balita Sehat

Gubernur juga berpesan kepada masyarakat, Balita yang telah lolos penilaian sebagai Balita sehat ini dapat dijadikan rujukan para orang tua lain untuk melihat, menyontoh tumbuh kembang anaknya.

“Jika sudah persiapkan masa kehamilan dengan baik, nutrisi gizi sudah, anak lahir datang ke Posyandu tiap bulan, lalu jangan lupa yakni berikan kasih sayang kepada anak. Kasih sayang itu sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Rasa kasih sayang orang tua itu akan merangsang pertumbuhan anak, psikomotorik anak, kelak ketika dewasa Ia akan jadi anak yang bertanggung jawab dan mandiri. Jika itu lengkap pasti generasi kita baik kedepannya,” pesan Rohidin.

Terkait pelaksanaan lomba Balita Sehat, Gubernur mengatakan bahwa event ini merupakan event penting yang menunjukkan adanya dukungan pemerintah daerah Provinsi Bengkulu dalam upaya mengajak para orang tua untuk bersama sama menciptakan generasi penerus harapan bangsa yang sehat dan kuat serta berkualitas.

Mendukung Program Kerja Gubernur Bengkulu, Kadis Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, M.Kes, M.Si menyampaikan bahwa Lomba Balita Sehat sudah dilaksanakan dua tahun terakhir di periode pemerintahan Gubernur Rohidin. Agenda ini salah satu langkah strategis Dinkes wujudkan masyarakat sehat mulai dari hamil usia sampai 0 – 59 bulan.

Penialian Lomba Balita Sehat inipun berjenjang. Mulai dari kabupaten kota. Penilaiannya dilihat dari tumbuh kembang, kecerdasan, umur sekian dia bisa apa, kesehatan gigi, kelengkapan gigi, psikomotoriknya. Kemudian juga dari sisi orang tuanya sendiri harus punya pola asuh yang baik dengan dasar pengetahuan pola asuh Balita. Sebelum sampai ditingkat Provinsi Bengkuu, Lomba Balita Sehat diikuti lomba balita sehat terlebih dahulu dilaksanakan ditingkat Puskesmas kabupaten/ kota. Total 358 Balita telah ikuti seleksi lomba balita sehat dari 179 Puskesmas se Provinsi Bengkulu.

“Ya ini motivasi kami. Para pemenang Lomba Balita Sehat mendapatkan hadiah dari Bapak Gubernur Bengkulu. Untuk juara 1 mendapatkan uang pembinaan Rp 5 juta, juara 2 Rp 4 juta, juara 3 Rp 3 juta. 20 orang peserta yang telah ikut Lomba Balita Sehat tingkat provinsi ini juga mendapatkan piagam dan hadiah menarik dan makanan tambahan,” jelas Kadis.

Disisi lain, orang tua Balita yang ikut Lomba Balita Sehat, Helmi Desti mengungkapkan kebanggaannya. “Kami bangga sekali dengan kompetisi ini. Kami sebagai orang tua lebih terpacu lagi untuk berikan yang  terbaik untuk anak. Sebagai orang tua, info perkembangan anak kami dapat dari Posyandu, internet, media dan Bidan,” katanya. (ae2)

Nama Balita Sehat Pemenang Lomba :
Usia 24-59 Bulan :
Nama Usia Skor Asal Daerah
1. Fatir Fahri Azhari,  31 Bln 96,1,  Lebong/PKM Tapus
2. Shakila Nayaka, 46 BLN 95,4,  Rejang Lebong/PKM PUT
3. M. Iqbal Arasyid,  26 BLN 89,2,  Seluma/PKM Rimbo Kedui

Usia 0-23 Bulan :
Nama Usia Skor Asal
1. Arvino Fattan Maisah,  14 BLN 95,8,   Rejang Lebong/PKM Curup Timur
2. Maulana Malik Ibrahim,  18 BLN 92,4,  Seluma/PKM Seluma Timur
3. Arsya Al- Fath,  17 BLN 78,8,  Kaur/PKM Padg Guci Ilir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *