PPDB SMA, Banyak Siswa Daftar Sendiri ke Sekolah

Featured Pendidikan

RBO  >>>   BENGKULU  >>>  Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019-2020 jalur zonasi tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sudah resmi dibuka pada tanggal 4 Juli 2019 kemarin. Alhasil, banyak timbul kemandirian dari calon siswa untuk mendaftar sekolah yang dituju, tanpa didampingi oleh orangtua masing-masing.

Hal ini juga diungkapkan oleh Kepala SMAN 10 Kota Bengkulu, Pauri, S.Pd, MM. Disekolahnya itu, hampir 50 persen calon siswa datang sendiri untuk mendaftar. “Sebagian ada calon siswa datang sendiri tanpa ditemani oleh orangtua. Ada juga, siswa yang masih takut datang mendaftar sendiri,” ujar Pauri pada RADAR BENGKULU, Jumat (5/7).

Biasanya, dikatakan Pauri, siswa yang datang sendiri mendaftar mempunyai kemandirian yang tinggi dan tidak ingin menyusahkan orangtua. Terlebih lagi, orangtua yang sudah bekerja. “Terkadang, ada rasa khawatir sudah mendaftar ke sekolah, tapi pulangnya lama. Saat ditanya orangtua, berbagai alasan rame, lama antrean dan lain-lain. Padahal daftar ke sekolah itu, hanya membawa berkas persyaratan untuk diverifikasi operator sekolah yang dituju,” katanya.

Sedangkan, untuk dihari pertama PPDB jalur zonasi tanggal 4 Juli kemarin di SMAN 10, siswa yang mendaftar membludak. “Dihari pertama kemarin, yang mendaftar mencapai tiga ratus orang. Kalau dihari kedua yang mendaftar sedikit agak berkurang karena mengingat waktu sempit. Apalagi hari Jumat,” ungkapnya.

Diketahui, SMAN 10 menerima kuota siswa baru sebanyak 184 orang dari enam Ruang Belajar (Romble). “Untuk tahapan PPDB online, pertama calon siswa melakukan pendaftaran secara online melalui link website http://ppdb.provbengkulu.com/ dengan memasukkan nomor ujian nasional SMP tanggal 01-10 Juli 2019. Kedua, cetak tanda bukti pendaftaran online. Ketiga, mempersiapkan kelengkapan berkas sesuai dengan ketentuan. Keempat, calon siswa melihat pengumuman hasil akhir secara online tanggal 11 Juli 2019. Kelima, setelah dinyatakan lulus, siswa melakukan daftar ulang dan verifikasi dengan membawa tanda bukti pengajuan pendaftaran dan kelengkapan berkas tanggal 11-13 Juli 2019,” demikian. (Ach)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *