Gubernur: Gotong Royong Kekuatan Membangun Bengkulu

Desa Ekonomi & Bisnis Featured Mukomuko Pemda Provinsi Sosial & Budaya

RBO, MUKOMUKO – Kabupaten Mukomuko sukses menyelenggarakan kegiatan pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong (BBGRM) ke-16 Tingkat Provinsi Bengkulu. Kegiatan ini dipusatkan di Desa Rami Mulya Kecamatan Air Rami, Kamis (11/7).

Salah satu tujuan diselenggarakannya kegiatan ini, kata Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, untuk terus membudayakan gotong royong ditengah masyarakat Bengkulu. Dengan gotong royong pembangunan Bengkulu dapat dilakukan lebih cepat.

“Gotong Royong adalah kekuatan membangun Bengkulu,” tegas Gub.

Lanjutnya, gotong royong adalah warisan leluhur. Sejak dahulu, masyarakat hampir di seluruh daerah melakukan hal-hal untuk kepentingan umum secara gotong royong. Dan budaya gotong royong masih bertahan hingga saat ini.

“Dahulu dengan dua tiga pukulan kentongan, masyarakat langsung berkumpul untuk gotong royong. Makanya saya salut dengan Pemkab Mukomuko dan penyelenggara pada kegiatan ini tadi ada pemukulan kentongan secara bersama, sebagai simbol bahwa budaya gotong royong masih dilaksanakan ditengah masyarakat,” kata Rohidin.

Menurut Gubernur, mengimplementasikan gotong royong tidak hanya sebatas kehidupan bermasyarakat. Ditengah pemerintahan juga dapat diterapkan sifat kegotongroyongan dalam melakukan pembangunan.

Ia mengumpamakan Bengkulu sebagai sebuah rumah, didalamnya ada sembilan kamar. Yaitu kabupaten-kabupaten dan satu ruang utama yaitu kota. Tugas Gubernur adalah membangun kerangka-kerangka utama rumah. Sementara Bupati membangun kamarnya masing-masing.

Kendati ada ruang masing-masing dalam melaksanakan tugas, agar Bengkulu yang diibaratkan sebagai satu rumah ini terlihat bagus sesuai keinginan, maka antar sesama Pemerintah Daerah dan Pemprov mesti saling besinergi.

“Itu sudah merupakan bagian dari gotong royong. Apalagi kalau pembangunan mendapat dukungan dari masyarakat, maka saya yakin pembangunan akan lebih cepat terlaksana,” papar Gubernur.

Gubernur juga mengapresiasi Pemkab Mukomuko yang telah sukses sebagai tuan rumah kegiatan pencanangan BBGRM ke-16 dan HKG PKK ke-47 tingkat Provinsi Bengkulu ini. Gubernur juga mengapresiasi kebersamaan masyarakat Desa Rami Mulya yang telah mendukung penuh kegiatan ini.

Bupati Mukomuko dalam sambutannya menegaskan, tanpa dukungan masyarakat, kegiatan ini tidak akan terlaksana semeriah ini. Bupati mengaku, menjadi saksi mata secara langsung, bagai mana masyarakat setempat secara bergotong royong mempersiapkan kegiatan ini agar berjalan lancar.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat khususnya masyarakat Desa Rami Mulya yang telah membantu pelaksanaan kegiatan ini,” sampai Bupati.

Pada kegiatan Pencanangan BBGRM ke-16 dan HKG PKK ke-47 di Mukomuko ini dilaksanakan kegiatan pameran produk unggulan masing-masing daerah se-Provinsi Bengkulu yang diisi oleh PKK masing-masing daerah. Pameran STAN Inovasi Desa dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), checkup kesehatan gratis, pembagian 500 susu gratis, bazar kebutuhan pokok dan pagelaran seni tradisional.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Mukomuko, Haidir, SIP. Bupati Kepahiang, Wakil Bupati Kaur, Wakil Bupati Rejang Lebong dan perwakilan Pemerintah daerah lain. Kemudian hadir pula sejumlah kepala OPD Pemerintah Provinsi Bengkulu, FKPD Mukomuko, pejabat Pemerintahan Mukomuko dan ribuan masyarakat. (sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *