Perekrutan GSMS Dinilai Tidak Transparan

Ekonomi & Bisnis Featured Pendidikan Sosial & Budaya

Jangan Ada Main Lobi-lobian

RBO, BENGKULU – Puluhan seniman yang tergabung dalam Dewan Kesenian Kota Bengkulu mendatangi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota, Senin (15/7). Kedatangan mereka tersebut, guna mempertanyakan proses pekrekrutan Gerakan Seniman Masuk Sekolah tahun 2019 di Kota Bengkulu.

Sandi Apriando, salah seorang seniman ikut mendatangi Dikbud Kota mengatakan, pihaknya menilai dalam proses perekrutan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) tahun 2019 tidak transparan. Mereka menduga ada proses lobi-lobian oknum dalam perekrutan tersebut.

“Kami menganggap sistem rekrutmen yang ada di Dinas Pendidikan, terkhusus Kebudayaan tidak ada keterbukaan kepada seniman. Dan kami menduga ada indikasi bahwa ada orang yang dekat dia yang dapat. Dari pada kami menduga lebih baik kami bertanya,” kata Sandi pada radarbengkuluonline.com, Senin (15/7).

Sementara itu, Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, Martina Nengsih membantah dalam proses perekrutan GSMS tidak transparan. Menurutnya, proses tersebut sudah sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang berlaku. Terlebih prosesnya menggunakan sistem online.

“Kita punya lembaga yang namanya perwakilan dari para seniman. Yakni Dewan Kesenian. Kalaupun kami berbicara dengan pengurus inti Dewan kesenian, kami rasa tidak menyalahi. Sebab, perwakilan dari mereka. Kami sudah maksimal dan dari awal tim perumus sudah bekerja sesuai dengan Juknis yang tersedia,” ujar Martina.

Dijelaskannya, dari 56 nama yang sudah mendaftar, hanya 21 orang yang diakomodir untuk dijadikan seniman mengajar di 12 Sekolah Dasar (SD) dan 9 mengajar di Sekolah Menegah Pertama (SMP) Kota Bengkulu.

“Dalam GSMS ini, nanti ada beberapa materi diajarkan ke sekolah. Yakni seni Rupa, Sastra, Teater, Tari, Musik. Jadi tidak semua harus tari dan musik. Mereka semua sudah terwakili. Tidak semua bisa terakomodir disini,” jelasnya.
Dari pantauan radarbengkuluonline.com di lapangan, tampak aksi demo menabuh dol di dekat ruangan Kadis Dikbud Kota guna memberikan penjelasan terkait perekrutan seniman program GSMS. (Ach)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *