Pimpinan Dewan Minta Gubernur Serahkan Nama Cawagub

Ekonomi & Bisnis Featured Hukum & Kriminal Pemda Provinsi PEMERINTAHAN Politik

RBO, BENGKULU – Sejak tanggal 10 Juli lalu, dari empat Partai Politik (Parpol) pengusung Gubernur dan Wakil Gubernur telah menyerahkan dua nama Calon Wakil Gubernur (Cawagub) kepada Gubernur Bengkulu Dr H. Rohidin Mersyah. Namun kenyataannya hingga saat ini, dua nama Cawagub tersebut belum juga diserahkan ke DPRD Provinsi Bengkulu. Sebab itu, unsur pimpinan melalui Wakil Ketua I DPRD Provinsi Bengkulu, H. Edison Simbolon S.Sos, M.Si meminta Gubernur segera menyampaikan dua nama Cawagub tersebut ke DPRD.

“Terkait masalah Pilwagub, itu merupakan hak preogatif Parpol pengusung. Nah, seluruh Parpol pengusung sudah sepakat mengusulkan dua nama Cawagub. Yaitu H. Muslihan DS dan Dedy Black sejak seminggu lalu. Harapan kita, itu sudah disampaikan ke DPRD. Sebab tidak ada lagi hal-hal yang mau diubah karena memang sudah ada undang-undang dan Parpol pengusung sudah sepakat mengusulkan dua nama itu,” ungkap Edison Simbolon, Senin (22/7).

Dengan belum sampainya dua nama Cawagub itu ke DPRD saat ini, kemudian mengingat cukup padatnya jadwal DPRD Provinsi dalam satu bulan kedepan, sebaiknya Gubernur tidak lagi menunda menyerahkan dua nama itu.

“Kita ini jadwalnya cukup padat dalam sebulan dua bulan ini. Pertama, kita harus melaksanakan kegiatan APBD-P. Lalu KUA PPAS 2020, lalu pelantikan dewan baru, lalu HUT RI. Dan kami sudah diagendakan di Banmus untuk Pilwagub tersebut. Harapan kita kepada Pak Gubernur demi untuk melancarkan pekerjaan, semuanya agar clear bisa secepat mungkin disampaikan ke dewan, agar setelah itu kami dapat membentuk panitia pemilihannya,” pungkasnya.

Adapun dari Parpol pengusung, Sekretaris DPD Partai Hanura Usin Abdidyah Putra Sembiring SH, MH dia juga tidak tahu, kenapa kok Gubernur belum juga menyerahkan dua nama Cawagub itu ke DPRD. “Kami juga tidak tahu apa alasannya. Tapi mungkin saat ini beliau (Gubernur) masih diluar daerah,” singkat Usin.

Dari Sekda Provinsi Bengkulu, H. Nopian Andusti SE, MT ketika ditanyai soal dua nama Cawagub yang belum juga diserahkan ke DPRD, dengan singkat dia mengatakan ditunggu saja. “Kita tunggu saja,” singkat Sekda. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *