Hewan Ternak Mukomuko untuk Kurban Dinyatakan Sehat

Featured Mukomuko

RBO  >>>   MUKOMUKO  >>>  Pihak Dinas Pertanian meminta kepada masyarakat yang akan membeli hewan kurban tidak perlu khawatir terkait kesehatan ternak yang akan dibeli. Pasalnya, hasil pemantauan dan pemeriksaan petugas kesehatan hewan, kondisi ternak milik masyarakat, baik sapi, kerbau maupun kambing kondisinya dalam keadaan sehat.

“Kalau ternaknya didatangkan dari luar daerah, kami tidak bisa menjamin. Tapi kalau ternaknya dari masyarakat Mukomuko, Insya Allah dalam keadaan sehat,” kata Kabid Peternakan Dinstan Mukomuko, Warsiman, S.Pt. kemarin (29/7).

Akan tetapi, kata Warsiman, jika masyarakat masih ragu dan untuk memastikan kondisi hewan bakal kurban yang akan dibeli itu sehat, ia menyarankan untuk mengajak petugas kesehatan hewan di wilayah masing-masing.

“Salah satu syarat kurban itu, hewannya harus sehat, dan ada kriteria lain. Alangkah baiknya untuk melibatkan petugas kesehatan hewan,” ujarnya.

Ditambahkannya, sepekan jelang Hari Raya Kurban, pihak Distan melalui Bidang Peternakan akan kembali turun ke lapangan untuk pengecekan kesehatan ternak milik masyarakat.

“Rencananya pengecekan ini sampai hari penyembelihan. Tidak hanya ternaknya yang akan kami cek, dagingnya pun akan kami pastikan dalam kondisi sehat sebelum dibagikan ke masyarakat,” singkat Warsiman. (sam)

BERBAGI:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *