Perbup Belum Turun, Padang Jaya Sudah Bentuk Panitia dan Sosialisasi BPD

Bengkulu Utara Desa Ekonomi & Bisnis Featured Hukum & Kriminal

RBO, ARGA MAKMUR – Untuk membangun dan meningkatkan percepatan pembangunan di desa memang dibutuhkan kreatifitas dan inovasi. Itu dilakukan sepanjang sesuai dengan regulasi yang ada. Namun kejadian yang terbilang “nyeleneh” dan mendahului Keputusan Bupati sebagai dasar hukum operasional tahapan Pemilihan BPD serentak di ratusan desa di Bengkulu Utara (BU), disinyalir dikangkangi oleh Pemerintah Kecamatan Padang Jaya, BU.

Hingga berita ini diturunkan, Bupati BU, Ir.Mian belum mengeluarkan Peraturan Bupati BU atau Perbup, terkait petunjuk Teknis Pemilihan BPD di BU. Namun pihak Kecamatan Padang Jaya BU, justru telah melakukan sosialisasi mengenai Pemilihan BPD.

Akibatnya ada salah satu desa di Kecamatan yang dipimpin Camatnya Syarifah Inayati,SE ini sudah membentuk panitia Pemilihan BPD dan lakukan sosialisasi.

Camat Padang Jaya, Syarifah Inayati,SE saat dikonfirmasi jurnalis tak menampik pihaknya telah melakukan sosialisasi Tentang Pemilihan BPD yang belum ada aturan teknis berupa Perbup tersebut.

Yang anehnya lagi lantaran tidak mengerti aturan atau sengaja mau bekerja cepat, Inayati mengatakan pihaknya lewat Kasi Pemerintahan telah lakukan Sosialisasi Pemilihan BPD, meski Perbupnya belum diterbitkan Pemkab BU.

Kades Padang Jaya, Karyadi, mengakui bila desanya telah membentuk panitia Pemilihan BPD. Walaupun belum ada Perbup yang mengatur tentang itu. “Dalam Perda dikatakan dalam waktu enam bulan sebelum habis masa jabatan BPD, sudah dilakukan sosialisasi dan itu yang dilakukan,” kata dia.

Meski dia mengakui belum ada Perbup BU tentang itu, sementara itu Ketua Forum Kades Padang Jaya, Sumaryono, mengimbau agar para Kades untuk bersabar dan jangan dulu membentuk Panitia Pemilihan BPD di desa masing-masing. Sebab, belum ada Perbup BU yang merupakan turunan Perda BU sebagai Dasar Hukum Pemilihan BPD serentak akhir tahun ini.
“Saya sudah dengar itu, tapi bila Perbupnya belum ada, lantas apa yang menjadi pijakan kita. Sabarlah dulu,” ujar Sumaryono yang juga sebagai Kades Marga Sakti Padang Jaya ini.(bri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *