AJI Bengkulu Ajak Jurnalis Cerdas dalam Memverifikasi Fakta Secara Online

Ekonomi & Bisnis Featured Pemda Provinsi PEMERINTAHAN Pendidikan Sosial & Budaya

RBO, BENGKULU – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bengkulu memberikan bekal ilmu bagi 30 orang jurnalis di Provinsi Bengkulu untuk mengikuti pelatihan verifikasi fakta secara online dan keamanan digital, Google News Initiative dan Internews. Pelatihan ini, berlangsung dari tanggal 3 sampai 4 Agustus 2019, bertempat di Hotel Grage .

Ketua AJI Bengkulu, Harry Siswoyo mengatakan, untuk melawan hoaks, tidak cukup dengan literasi atau hanya membaca saja. Melainkan, jurnalis juga harus dibekali pengetahuan tentang teknologi. “Pelatihan verifikasi fakta secara online ini, memang merupakan program AJI secara nasional di seluruh Indonesia bersama Google News Initiative sejak tahun 2018. Target besar program ini, membentuk 3000 fact checker di seluruh Indonesia guna menangkal sebaran hoaks dan informasi palsu di internet,” kata Harry pada jurnalis, kemarin.

Sementara itu, instruktur latih dari AJI, Donal Caniago yang memfasilitasi pelatihan di Bengkulu membeberkan, sebagai dasar awal para jurnalis dilatih untuk fasih memanfaatkan sejumlah alat yang telah tersedia di mesin pencari Google. Alat itu berupa Google Reverse Image, Google Maps, Google Trends dan lain sebagainya.

“Orang Indonesia banyak berkerumun di internet tanpa literasi yang memadai. Karena itu butuh tools yang bisa membantu memverifikasi informasi yang didapatnya. Sehingga, menyikapi maraknya Informasi dan berita bohong atau hoax yang sangat masif beredar di media sosial saat ini,” ujar Donal.

Untuk itu, agar dapat meningkatkan skill jurnalis dan newsroom melakukan verifikasi konten video, gambar dan informasi yang beredar di sosial media. “Supaya dapat memastikan kebenarannya sebelum mendistribusikan kembali ke publik yang lebih luas, agar tingkat kepercayaan masyarakat kepada media tetap terjaga,” ungkapnya.
Diketahui, dua jurnalis Harian RADAR BENGKULU turut dalam pelatihan tersebut, Achmad Fadian selaku wartawan RADAR BENGKULU dan Pimpinan redaksi radarbengkuluonline, H. Christopher. (Ach)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *