Jelang Hari Raya Idul Adha, Mahasiswa KKN Luar Negeri IAIN Bengkulu Adakan Program Kebersihan Masjid

Featured Pendidikan Sosial & Budaya

Oleh: Rafinita Aditia (Mahasiswa KPI IAIN Bengkulu)

Sabtu (10/9), Mahasiswa/i KKN Luar Negeri IAIN Bengkulu yang melakukan pengabdian di Ma’ahad Tahfiz Al Wafa Lil Banat Kedah Malaysia melakukan program kebersihan di Masjid Jamek Al-Ittihad Sungai Kob, Karangan, Kedah. Program ini dilakukan mulai dari pukul 9 pagi sampai dengan pukul 12 siang.

Program kebersihan masjid ini diikuti oleh 11 orang mahasiswa KKN Luar negeri IAIN Bengkulu, di bantu dengan Ustadz H.Rosli dan Pakcik Domin selaku pengurus Masjid Jamek Al Ittihad. Adapun kebersihan yang dilakukan mulai dari membersihkan area masjid dan membersihkan ruang pejabat (kantor) yang baru saja dibangun. Program ini dilakukan untuk menjaga kebersihan dan meningkatkan kenyamanan beribadah di Masjid Jamek Al Ittihad, mengingat besok merupakan Hari Raya Idul Adha.

Pakcik Domin selaku pengurus masjid yang ikut mengawasi mahasiswa KKN LN IAIN Bengkulu dalam melaksanakan kebersihan ini mengaku sangat senang atas program kebersihan Masjid yang dilaksanakan, karena selain membuat kebersihan dan kenyamanan di masjid meningkat, juga membantu meringankan pekerjaan para pengurus masjid. Terlebih menjelang Idul Adha, banyak sekali yang harus di persiapkan oleh para pengurus masjid.

Menurut Olan Darmadi selaku ketua kelompok dari KKN Luar Negeri 2019, program ini merupakan salah satu bentuk pengabdian dan pelayanan kepada ummat di Malaysia. Menurutnya, diplomasi itu tidak harus melulu berkaitan dengan hal yang sifatnya politis, namun apa yang sudah ia lakukan bersama teman- teamnnya di negeri Kedah Malaysia juga merupakan suatu bentuk diplomasi antara Indonesia dan Malaysia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *