Mahasiswa KKN Luar Negeri IAIN Bengkulu Perkenalkan Kuliner dan Lagu Ikan Pais di Negeri Kedah, Malaysia

Featured Pendidikan Sosial & Budaya

Oleh: Rafinita Aditia (Mahasiswa KPI IAIN Bengkulu)

Mahasiswa KKN Luar Negeri IAIN Bengkulu yang melakukan pengabdian di Ma’ahad Tahfiz Al Wafa Lil Banat Kedah Malaysia pada tahun 2019 ini membuat program pengenalan kuliner khas Provinsi Bengkulu yaitu ikan pais kepada para Santri Ma’had. Program ini berawal dari gagasan Mudir Ma’ahad Tahfiz Al Wafa Lil Banat yaitu Haji Ahmad Zaki Bin Sabawehi hingga akhirnya dapat terlaksana pada hari Jum’at, 2 Agustus 2019.

Program ini dilaksanakan pada pukul 4 hingga 6 sore, bertempat di Padang Ma’ahad Tahfiz Al Wafa Lil Banat Kedah, Malaysia. Sebelas orang mahasiswa IAIN Bengkulu bergotong royong memasak Ikan Pais untuk disajikan sebagai lauk makan petang bagi para santri. Pengenalan kuliner Ikan Pais yang dilakukan di Ma’ahad Tahfiz Al Wafa Lil Banat bertujuan untuk menambah wawasan para santri akan kuliner khas Bengkulu, bukan hanya dari segi nama, namun juga cita rasanya.

Para santri sangat antusias ketika Ikan Pais disajikan sebagai sajian kuliner petang mereka. Hal ini disebabkan karena pada beberapa hari sebelumnya, para mahasiswa IAIN Bengkulu mengajarkan lagu Ikan Pais yang merupakan lagu daerah Bengkulu. Sehingga pada hari Jum’at (2/9) ketika para santri dapat langsung merasakan rasa dari Kuliner khas Provinsi Bengkulu tersebut, mereka terlihat sangat senang sembari menyanyikan lagu yang telah mereka pelajari. Beberapa santri Ma’ahad mengaku sangat menyukai rasa dari Ikan Pais, meskipun terasa sedikit lebih pedas dibanding makanan yang biasa mereka makan. Kendati demikian, para santri tetap menyantap habis hidangan Ikan Pais yang disajikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *