Tingkatkan Ketaqwaan dengan Berkurban

Rejang Lebong

RBO  >>>  CURUP   >>>   Bupati Rejang Lebong (RL) Dr. H. Ahmad Hijazi, SH, M.Si bersama wakilnya, Iqbal Bastari didampingi Sekda, RA. Deddi dan sejumlah FKPD melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Agung Baitul Makmur Minggu pagi,(11/8).

Ist/Dedi/RBO
Para jamaah melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Agung  kemarin

 

Dalam sambutannya, Ahmad Hijazi mengatakan bahwa menyembelih hewan kurban pada Idul Adha merupakan wujud ketaatan pada perintah Allah dan meneladani Rasul serta memperingati peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. “Saat Idul Adha jutaan kaum muslimin seluruh dunia terhampar di Padang Arafah untuk menunaikan ibadah haji yang merupakan rukun Islam kelima,”ungkapnya.

Sambungnya, dalam peristiwa kurban yang dirayakan oleh umat muslim diseluruh penjuru dunia setiap tahunnya itu tidak dimaknai sebatas proses ritual saja. Tetapi juga diletakkan dalam konteks peneguhan nilai-nilai kemanusiaan dan spirit keadilannya. “Keteladanan Ibrahim mampu mentranformasi pesan keagamaan ke aksi nyata perjuangan kemanusiaan. Peristiwa yang harus dimaknai sebagai pesan simbolik Agama, yang menunjukkan ketakwaan keikhlasan, dan kepasrahan seorang Ibrahim pada titah Sang Pencipta,”jelasnya.

Idul Adha dan ibadah kurban memiliki dua makna penting. Pertama, ketakwaan manusia atas perintah sang Khalik. Kedua, makna sosial, dimana Rasulullah melarang kaum mukmin mendekati orang-orang yang memiliki kelebihan rezeki, tetapi tidak menunaikan perintah kurban.(ide)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *