Maju Sebagai Petahana, Rohidin Diuntungkan

Featured Pemda Provinsi PEMERINTAHAN Politik

Azhar Marwan : Calon Lain Akan Berhitung Keras

RBO, BENGKULU – Sebagai petahana Gubernur Bengkulu, Dr H. Rohidin Mersyah akan diuntungkan saat dia maju dalam Pilgub mendatang. hal ini seperti disampaikan oleh pengamat politik yang juga dosen Fisip Universitas Bengkulu, Drs Azhar Marwan M.Si. “Posisi Rohidin yang sedang menjabat Gubernur sekarang ini lebih diuntungkan dibandingkan dengan figur yang lain. Sebab, sebagai Kepala Daerah yang aktif tentu beliau lebih dikenal luas dan memiliki akses untuk menjangkau rakyat di wilayah Provinsi Bengkulu,” ungkap Azhar Marwan, Kamis (15/8).

Setiap event maupun momentum yang dilakukan diberbagai daerah, beliau (Rohidin-red) bisa tatap muka langsung dengan public. “Atau paling tidak berita media ataupun baliho beliau tersebar luas. Ini merupakan kesempatan beliau menyapa publik lebih luas dibanding figur yang lain. Secara teoritis popularitas itu penting serta bisa berjalan linear dengan tingkat elektabilitas,” terang Azhar.

Oleh karena itu, biasanya banyak orang berhitung keras apabila ingin menghadapi atau melawan incumbent. “Makanya kita lihat pergerakan para calon kandidat yang berniat maju dalam kontestasi pilgub ini masih bersembunyi. Mungkin mereka kebanyakan masih saling memetakan kekuatan serta mencari sosok pasangan yang bisa mendongkrak suara. Pertimbangan seorang pemain politik biasanya sangat cermat. Tidak mungkin mereka akan melakukan tindakan konyol. Artinya, apabila ruang dan peluang untuk menang itu kecil, lebih besar kemungkinan tidak maju. Istilah dalam retorika itu, naik mimbar tanpa persiapan maka anda akan turun mimbar tanpa penghormatan. Kegagalan dalam bertarung di dunia politik, akan membuat catatan kelam dalam sejarah karir politik. Makanya orang politik akan berhitung betul secara cermat dan matang. Tidak akan tergoda dengan suara dukungan dari kelompok kepentingan,” pungkas dosen Fisip UNIB tersebut. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *