Kado Manis Kemerdekaan, Serunai Mukomuko Dinobatkan Sebagai WBTB

Ekonomi & Bisnis Featured Hukum & Kriminal Mukomuko Sosial & Budaya

RBO, MUKOMUKO – Mukomuko mendapat kado manis pada momen Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tahun 2019 ini. Dimana salah satu alat musik khas daerah ini, yakni Serunai, resmi dinobatkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud RI).

Alat musik tiup yang digunakan untuk mengisi musik mengiringi Tari Gandai dan kesenian tari tradisional lain daerah ini ditetapkan sebagai WBTB tepat dua hari jelang hari Kemerdekaan yakni pada Kamis (15/8). Serunai resmi menyusul Tari Gandai yang sudah lebih dulu ditetapkan sebagai WBTB pada tahun sebelumnya setelah menjalani sidang di Kemendikbud RI selama tiga hari.

“Alhamdulillah Serunai resmi ditetapkan sebagai WBTB Indonesia, menyusul Tari Gandai. Artinya sudah ada dua kesenian tradisional Kabupaten Mukomuko yang sudah ditetapkan sebagai WBTB. Yakni Tari Gandai dan alat musik Serunai,” ungkap Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Mukomuko, Rasita, S.Pd. Minggu (17/8).

Kata Kabid, ditetapkannya Serunai Mukomuko ini sebagai WBTB tidak lepas dari peran aktif tokoh budaya dan seniman-seniman tradisional daerah ini yang tak henti-hentinya mengajak segenap masyarakat untuk tetap mencintai kesenian khas Mukomuko agar tetap lestari.

“Ini bukti kalau masyarakat kita masih mencintai kesenian tradisional khas Mukomuko. WBTB merupakan salah satu penghargaan tertinggi untuk kebudayaan,” ujarnya.

Dijelaskannya, sebelum ditetapkannya Serunai sebagai WBTB, melalui proses yang cukup panjang. Proses demi proses tersebut tidak lepas dari bantuan dari Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Padang, serta kerja keras seluruh pihak Bidang Kebudayaan dan Doa seluruh masyarakat Mukomuko.

“Kepada semua pihak yang terlibat, baik langsung maupun tidak langsung, kami ucapkan terimakasih,” pungkas Rasita. (sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *