DPRD Mukomuko Kebut Pembentukan Alat Kelengkapan Dewan

Ekonomi & Bisnis Featured Hukum & Kriminal Mukomuko Politik Sosial & Budaya

RBO, MUKOMUKO – Dengan telah dilantiknya anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mukomuko periode 2019-2024, Selasa kemarin (20/8), DPRD Mukomuko bakal segera kebut pembentukan alat kelengkapan Dewan dibawah Pimpinan Sementara M. Ali Saftaini dan Nursalim dari Partai Golkar dan Demokrat.

Diantara kelengkapan dewan yang harus dibentuk yaitu Badan Anggaran (Banggar), Badan Legislasi (Banleg), Badan Musyawarah (Banmus), Badan Kehormatan (BK) dan Komisi-Komisi. Selanjutnya pembentukan fasilitasi kelengkapan pimpinan DPRD Mukomuko. Mulai dari Ketua, Wakil Ketua I, Wakil Ketua II hingga pimpinan masing-masing Komisi.

Kemudian, DPRD Mukomuko juga segera membentuk fraksi-fraksi di DPRD Mukomuko yang diperkirakan bakal lebih dari enam fraksi. Berikutnya, menyusun rancangan tata tertib (Tatib) DPRD Mukomuko.

“Kami harap pembentukan ini mendapat dukungan dari seluruh anggota DPRD Mukomuko. Pembentukan kelengkapan dewan ini memang harus disegerakan,” kata Ketua DPRD Mukomuko Sementara, M. Ali Saftaini, SE.

Katanya semua kelengkapan dewan tersebut sangat mendesak dituntaskan guna DPRD Mukomuko bisa segera menjalankan tugas dan fungsinya diantaranya untuk menuntaskan pembahasan dan pengesahan APBD-Perubahan Tahun Anggaran 2019, serta pembahasan dan pengesahan APBD Kabupaten Mukomuko Tahun Anggaran 2020.

“Untuk menjalankan tugas-tugas itu, harus sudah ada pimpinan defenitif. Waktu pembahasannya baik APBD-P dan dan APBD 2020 waktunya sangat singkat,” pungkasnya.

Bupati Mukomuko, H. Choirul Huda, SH hadir dan sekaligus membacakan sambutan Gubernur Bengkulu. Sebelum membacakan pidato Gubernur, Bupati menyampaikan harapan kepada 25 anggota DPRD Mukomuko yang baru.

“Mudah-mudahan anggota dewan yang baru dilantik, tetap memperjuangkan kepentingan masyarakat. Tidak akan bisa pembangunan berjalan mengandalkan eksekutif saja, tanpa kerjasama seluruh institusi khususnya DPRD. Kita akan kuat hadapi tantangan dan rintangan itu, dengan kebersamaan,” sampai Bupati.

Terpantau saat pengambilan sumpah/janji, gedung DPRD Mukomuko dipenuhi ribuan masyarakat yang hadir dari keluarga DPRD Mukomuko terpilih dan undangan lain. Pengucapan sumpah/janji anggota dewan, dipimpin Ketua Pengadilan Negeri (PN) Mukomuko Dr. Nur Kholis, SH, MH. Gubernur diwakilkan Kepala Diskominfotik Jaduliwan, MM. Hadir pula Wakil Bupati Mukomuko Haidir, S.IP., FKPD, anggota DPRD Mukomuko periode sebelumnya, Wasri, Fitri, H. Badrun Hasani, SH, MH, Eri Zulhayat, H. Muspar, Ojek Warman dan lainnya. (sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *