Alhamdulillah, Hari Ini Jemaah Haji Kloter VI Tiba di Bengkulu

Featured Nasional Pemda Provinsi Peristiwa

RBO  >>>  BENGKULU  >>>   Dari lanjutan informasi haji dari GM RADAR BENGKULU, H. Syah Bandar S.Pd  langsung dari Mekkah,  hari ini (Rabu-red) rombongan Jemaah Haji (JH) Bengkulu dari Kloter VI telah berangkat meninggalkan Kota Mekkah menuju Tanah Air. “Hari ini (Kemarin Rabu-red) sebanyak 400 JH Kloter VI telah berangkat menuju pulang ke Tanah Air. Diperkirakan besok (Hari Kamis-red) rombongan JH Kloter enam itu sudah tiba di Bengkulu,” lapor Syah Bandar langsung dari Mekkah, Rabu (21/8).

      Rombongan JH Kloter VI itu kata Syah Bandar, berangkat terbang menggunakan pesawat Garuda dari Jeddah. Kemudian langsung turun menuju embarkasi antara di Padang. “Dari Padang, nanti istirahat dulu empat jam, untuk kemudian JH Kloter VI melanjutkan perjalanan pulang menuju Bengkulu. Setelah tiba di Bengkulu, direncanakan rombongan JH itu menuju asrama haji. Dari asrama haji ke Mesjid Agung At-Taqwa Kota Bengkulu. Dimana kedatangan rombongan haji tersebut akan disambut langsung oleh Pemerintah kota atau Walikota Bengkulu sebelum rombongan JH dibubarkan,” jelasnya.

       Adapun untuk tas-tas JH, lanjutnya, sudah sejak dua hari lalu diberangkatkan dari Mekkah Arab Saudi ke tanah air. Sehingga barang bawaan para jemaah yang mereka tenteng tidak begitu banyak lagi. “Adapun dari kami rombongan jemaah yang tergabung dalam Kloter 12, jemaahnya terdiri dari campuran. Ada yang berasal dari beberapa daerah kabupaten, juga ada yang dari Bengkulu. Selain itu, beberapa waktu lalu dari JH kita rombongan Kloter 12 ini juga ada yang meninggal dunia,” kata Syah Bandar.

        Dan dari Kepala Kantor Kemenag Bengkulu Utara, H. Heriansyah M.Ag melalui bagian penyelenggara Haji dan Umroh, Hamida Sri Rahmi  menyampaikan informasi ada satu JH asal Kloter 11 kemarin hari Minggu lalu yang meninggal dunia atas nama almarhum Hj. Saleha  Bin Jamaludin Cotfo, (82) kelahiran 6 Desember 1937 dan berasal dari Desa Simpang Ketenong, Kecamatan Kerkap, di Mekkah. Dijelaskan,  Saleha merupakan jemaah haji yang telah mendaftar ke kantor Kemenag BU 6 tahun lalu dan masuk dalam daftar waiting list. Tepatnya pada tanggal 6 Februari 2013.

“Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun. Jamaah haji kita atas nama Saleha telah tiada. Saleha ini merupakan jemaah haji di kloter 12 Padang,” katanya.

       Ketika disinggung penyebabnya, dia mengatakan jika Saleha meninggal dikarenakan sakit. Dimana sebelumnya pada tanggal 9 Agustus oleh petugas TKHI kloter telah dirujuk ke KKHI. Setelah sebelumnya mendapat perawatan oleh petugas TKHI di Hotel 402. Kemudian 4 hari berikutnya pada oleh KKHI Almarhumah dirujuk ke RS An Nur Mekkah. Kemudian pada tanggal (19/8) pukul 17.40 WAS, pihak maktab memberitahu kepada Ketua Kloter tentang wafatnya Almarhumah di RS An Nur. Pada pukul 19.00 WAS setelah menyelesaikan segala administrasi di KKHI.

Petugas kloter bersama utusan keluarga almarhumah dibawa oleh pihak maktab ke RS An Nur untuk melayat jenazah. Setelah petugas Kloter dan perwakilan keluarga diperkenankan melihat jenazah oleh petugas RS An Nur. Jenazah langsung dibawa ke Masjidil Haram untuk disalatkan, dan selanjutnya dimakamkan. Anak almarhum, Hamidin menyampaikan permohonan maaf apabila ada kesalahan almarhumah sewaktu masih hidup. Pesan ini disampaikannya melalui akun facebook pribadinya. “Saya mohon maaf apabila ada kesalahan beliau semasa hidup, khususnya kepada masyarakat Provinsi Bengkulu,” ujarnya. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *